Cegah Abrasi dan Banjir Kodim 0607/KS Bersihkan Sampah dan Penanaman Pohon di Bantaran Sungai Cimandiri

SUKABUMI|
Guna menjaga kelestarian lingkungan hidup di sungai,
Kodim 0607/Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan Karya Bhakti pembersihan sampah dan penanaman pohon di Bantaran Sungai Cimandiri, di Jalan Cikundul Girang, RT 03/10, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Senin (15/01/2024).

Pantauan terlihat Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub.Int., bersama Forkopimda melaksanakan pembersihan sampah dan penanaman Pohon di Bantaran Sungai Cimandiri.

Dalam arahannya, Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub Int. menyampaikan, bahwa Sungai Cimandiri merupakan sungai legenda yang membelah Kota Sukabumi dan melewati kawasan yang padat penduduk,sehingga apabila terjadi banjir akibat air sungai meluap akan menimbulkan banyak korban,” ujar Yudhi.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, Karya Bhakti ini dilaksanakan untuk mengantisipasi dan mengurangi dampak musim penghujan, yaitu air sungai meluap akibat sampah dan bantaran sungai longsor karena tanah gundul. Selain itu, juga untuk mengembangkan potensi pariwisata yaitu bisa dijadikan wahana arung jeram.

”Kegiatan Karya Bhakti akan dilaksanakan secara berkelanjutan di titik titik aliran sungai yang berpotensi terjadinya bencana alam,” sambungnya.

Untuk ke depannya, Ia pun berharap, pihaknya bersama Polri, Pemerintah Daerah, Stakeholder terkait dan seluruh komponen masyarakat akan berkolaborasi dan bersinergi untuk melakukan mitigasi dan karya bhakti untuk mencegah dampak bencana alam.

Di penghujung arahan, Dandim mengingatkan kepada seluruh Personel yang melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

“Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan kegiatan,” pungkas Dandim 0607/Kota Sukabumi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon di Bantaran Sungai dan pembersihan sampah di Sungai Cimandiri.

Seperti diketahui, kegiatan Karya Bakti Kodim 0607/Kota Sukabumi penanaman pohon dan pembersihan sungai Cimandiri, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam longsor dan banjir.

Bibit Pohon yang ditanam, sebanyak 200 (Dua Ratus) batang pohon, terdiri dari 30 batang pohon Mangga, 20 batang pohon Durian, 20 batang pohon Kopi, 25 batang pohon Alpukat, 25 batang pohon Rambutan, 20 batang pohon Nangka, 20 batang pohon Sirsak 20.

Sedangkan, jenis Pohon Keras, di antaranya 10 batang pohon Jati dan 30 batang pohon Mahoni.

SuaraPakta.com