Cegah Arogansi Prajurit Dalam Berlalu Lintas, Kodim Abdya Gelar Pemeriksaan Kendaraan

Kodam IM19 Dilihat

OKEBUNG– Komando Distrik Militer 0110/Abdya menggelar apel pemeriksaan kendaraan bermotor pribadi dan dinas prajurit di lingkungannya, berlangsung di lapangan Makodim setempat, Desa Keude Paya Kecamatan Blangpidie, Selasa (17/1/2023).

Kegiatan tersebut rutin dilakukan guna mencegah terjadinya pelanggaran kecelakaan lalu lintas (Lakalalin) dan memastikan kesiapan operasional kendaraan dinas prajurit.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Plh. Pasiintel Kapten Inf Fajar Setyawan menjelaskan, kegiatan pengecekan itu dilakukan untuk mengukur disiplin prajurit dalam tertib berlalu lintas.

Karena menurutnya, dengan mengecek kelengkapan administrasi dan asesoris wajib kendaraan akan didapat barometer tingkatan disiplin individu prajurit.

“Tolak ukurnya, bila prajurit tidak miliki SIM, helm dan kelengkapan lainnya maka dipastikan tidak disiplin. Hal itu rawan mengarah ke arogansi,” kata Pasiintel.

Pasiintel menegaskan, pihaknya memberikan kesempatan kepada para prajurit yang terjaring untuk segera melengkapi ketertiban kendaraannya. Hal ini juga berlaku bagi pemegang kendaraan dinas mobil dan motor.

“Penekanan khusus bagi yang memegang Randis, agar merawat dan memelihara kendaraan inventaris layaknya kendaraan sendiri. Dukungan barang negara ini harus dipertanggung jawabkan,” tegas Pasiintel.

Pantauan, apel pengecekan kendaraan tersebut melibatkan petugas provos, Staf Intelijen dan Staf Logistik lingkungan dalam.