Cegah Banjir, Anggota Koramil 05/Mayong “Sikat Habis” Sampah di Sungai

OKEBUNG | Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil 05/Mayong bersama masyarakat Desa Sengon Bugel, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara melakukan kerja bakti membersihkan aliran sungai.

Tingginya intensitas hujan belakangan ini menjadi penyebab air sungai meluap akibat tertutup sampah di bawah jembatan. Sehingga aliran air dari hulu tersumbat.

Selain akai bersih-bersih ini dilakukan TNI bersama masyarakat desa setempat. Juga diikuti oleh Camat Mayong, Moh Subchan, SH, MH, Sekcam Mayong, Umar Said beserta Staf, Bhabinkamtibmas Bripka Arif dan PUPR Bidang Pengairan Jajeri beserta anggota.

Sertu Samsul Ma’arif mengatakan, aksi bersih-bersih yang lakukan sekaligus bentuk sosialisasi peduli lingkungan ke masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Sampah dari tumpukan ranting dan bambu ini rawan dan menghambat aliran air sungai saat hujan turun sehingga memicu luapan air yang menyebabkan banjir,” ujar Sertu Samsul Ma’arif, Jumat (2/12/2022).

Terkait hal inilah lanjut anggota Koramil Mayong ini, agar mengantisipasi terjadinya luapan air sungai tersebut pihaknya bersama-sama bergotong-royong membersihkan tumpukan sampah dari sungai ini. Terutama yang menumpuk di kolong jembatan.

Ditambahkan oleh Sertu Samsul Ma’arif, disela aksi tersebut, kepada masyarakat ia menghimbau agar tidak membuang sampah ke sungai. Pasalnya, tumpukan sampah seperti ini akan merusak jembatan dan mengakibatkan banjir.

“Perlu sosialiasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan aktif dalam melakukan pencegahan banjir,” imbuh anggota TNI AD satu ini. (Jatmiko/Muz)

Sumber : Pendim 0719/Jepara