Cegah Dampak Pemanasan Global, Korem 041/Gamas Tanam Pohon Serentak

BENGKULU |
Guna tetap menjaga kelestarian alam dan menjaga bumi dari pemanasan global, Satuan Jajaran TNI AD melaksanakan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Korem 041/Gamas Kodam II/Swj melaksanakan gerakan penanaman pohon di Jl.Pelabuhan, Kel. Sumber Jaya, Kec. Kampung Melayu Kota Bengkulu,Senin (15/01/2024).

Dalam sambutan Danrem 041/Gamas yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bengkulu Dr.H. Rosjonyah, S.I.P., M.Si menyampaikan bahwa penanaman pohon ini bertujuan sebagai upaya dan bentuk kepedulian serta kecintaan kita bersama dalam menjaga bumi dari potensi pemanasan global dan perubahan iklim. Sehingga diharapkan nantinya akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu saya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga bumi, dengan melakukan penanaman pohon di sekitar tempat tinggalnya, guna memperbaiki sumber daya air, tanah dan juga melestarikan pohon endemik Indonesia yang mulai jarang atau bahkan punah.

Secara khusus Wakil Gubernur Bengkulu menyampaikan permohonan terima kasih Kepada Pangdam II/Swj dan Danrem 041/Gamas atas pelaksanaan kegiatan penanaman pohon ini. “Saya atas nama Pemerintahan Prov. Bengkulu memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pangdam II/Swj beserta Danrem 041/Gamas atas terlaksananya kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa diikuti oleh instansi vertikal lainnya untuk mengadakan penanaman pohon secara serentak ini”. Ucapnya.

Ditempat yang sama Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen menjelaskan bahwa Korem 041/Gamas melaksanakan perintah yang sangat penting yaitu melaksanakan gerakan penanaman pohon secara serentak di wilayah Korem 041/Gamas dan juga di Kodim-Kodim jajaran Korem 041/Gamas. Kita lihat sendiri Provinsi Bengkulu hujan sedikit saja langsung berakibat longsor dan sebagainya, saya sudah koordinasi dengan Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta Kepala Daerah, ini adalah gerakan awal dalam kegiatan penananaman pohon. “Kedepannya akan kita laksanakan gerakan penanaman pohon di gunung”. Jelasnya.

Kegiatan penanaman pohon secara serentak di wilayah jajaran Korem 041/Gamas sebanyak 4.000 pohon yang salah satunya pohon Manggrove dan pohon Cemara untuk Wilayah Kota Bengkulu di ikuti Kodim jajaran Korem 041/Gamas, yang mana Hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, sedangkan fungsi ekosistem hutan Cermara sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, sebagai penyeimbang lingkungan, serta mengurangi dampak adanya pemanasan global.

Kegiatan penanaman pohon dihadiri oleh Gunernur Bengkulu diwakili Wakil Gubernur Bengkulu, Kapoda Bengkulu, Danrem 041/Gamas, Ketua DPRD Prov. Bengkulu (Diwakili), Kepala Kejaksaan Tinggi Prov. Bengkulu (Diwakili Wakajati), Kepala Pengadilan Tinggi Agama Prov. Bengkulu (Diwakili Hakim Tinggi), Kabinda Prov. Bengkulu (Diwakili Koorwil Kota), Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. Bengkulu (Diwakili), Kepala Dinas Pertanian Prov. Bengkulu, Kepala BKSDA Prov. Bengkulu, Kepala BPDASHL Ketahun Prov. Bengkulu, Kasrem 041/Gamas, Para Kasi Kasrem 041/Gamas, Dansat Brimobda Bengkulu, Dir Polairud Polda Bengkulu, Dandim 0407/KB, Para Dan/Kasatdisjan, Para Pasi Korem 041/Gamas, Dandenzipur 14/GB, para Kabalrem 041/Gamas, para Perwira Kodim 0407/KB, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 041 PD II/Sriwijaya beserta pengurus, Camat Kampung Melayu, Lurah Sumber Jaya, GM. Pelindo Regional 2 Bengkulu, GM. Pertamina Bengkulu (Diwakili), Direktur Latun, Danlanal Bengkulu (Diwakili), Kepala Dinas PUPR Prov. Bengkulu, Pj. Walikota Bengkulu, Ketua DPRD Kota Bengkulu, Kapolresta Bengkulu, Ketua Kejaksaan Negeri Kota Bengkulu, Direktur Perumda Tirta Hidayah Bengkulu, Anggota TNI/Polri, Instansi Pemerintah, FKPPI, PPM dan para Pelajar serta masyarakat Kelurahan Sumber Jaya.

Penrem Gamas