Cegah DBD Dan Covid-19,Personel Kodim 0424/Tanggamus Menerima Penyuluhan Kesehatan Oleh Tim Penyuluh Dari Denkesyah

TNI Polri19 Dilihat

Kodim 0424/Tanggamus – Personel Kodim 0424/Tanggamus menerima penyuluhan Kesehatan Triwulan IV TA 2022 oleh Tim Penyuluh dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 02.04.03 Lampung di Aula Makodim 0424/Tanggamus Jl Ir Hi Juanda Wai Som, Mulang Maya, Kota Agung Timur, Kab. Tanggamus, Senin (21-11-2022).

 

Dandim 0424/Tanggamus melalui Danramil 424-06/Pringsewu Kapten P.Rahmat,SOS, mengatakan penyuluhan kesehatan ini merupakan program dari Komando Atas.

“Pada hari ini Prajurit dan PNS Kodim 0424/Tanggamus menerima penyuluhan tentang virus Omicron dan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),” kata Kapten P.Rahmat,SOS.

Dirinya berharap, Penyuluhan ini dapat bermanfaat bagi Prajurit dan PNS Kodim 0424/Tanggamus.

Sementara itu Letda ckm(K) dr. Betrix mengatakan bahwa pihaknya selaku tim penyuluh kesehatan baru saja memberikan pemahaman kepada prajurit dan PNS Kodim 0424/Tanggamus mengenai varian Omicron dan DBD.

Dikatakannya, dengan adanya virus varian baru tersebut Prajurit, PNS dan seluruh lapisan masyarakat jangan terlalu khawatir sehingga dapat menurunkan Imun tubuh, namun demikian tetap patuhi protokol kesehatan (Prokes)

“Jadi, dimanapun kita berada tetap Prokes yang utama dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun di tempat air mengalir. Diupayakan jangan menyentuh areal wajah sebelum mencuci tangan,” ujar dr. Betrix.

Dirinya menyarankan bagi siapa saja yang sedang terpapar Covid agar tetap tenang. “Jaga jarak dengan siapa saja dengan melakukan Isolasi mandiri, Kemudian lakukan upaya untuk meningkatkan imun dan selanjutnya minum vitamin,” tambahnya.

 

Kemudian, dr. Betrix juga menjelaskan cara mencegah dan mengenali gejala-gejala DBD agar terhindar dari penyakit DBD. Menurutnya, banyaknya nyamuk DBD di saat musim hujan.

Gejala-gejala yang dapat ditimbulkan pada penyakit DBD antara lain, nyeri perut parah, muntah, pendarahan dari gusi atau hidung,keluar darah pada saat muntah,pada urin,maupun fases, berdarah pada kulit seperti memar,sulit bernapas, kulit dingin/lembab dan mudah lelah.

“Karena kita tidak bisa mencegah musim hujan datang, maka langkah yang tepat untuk pencegahan DBD adalah dengan rajin menguras dan menutup tempat penampungan air. Dan selanjutnya mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan, karena biasanya di situ tempat jentik nyamuk berkembang,” pungkasnya.