Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Korem 022/PT Gelar Kegiatan P4GN Semester-1 Tahun 2024

Pematangsiantar  |  Dalam rangka untuk mencegah terjadinya Penyalahgunaan, Pencegahan, Pemberantasan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Semester I Tahun 2024, Korem 022/Pantai Timur menggelar Sosialisasi P4GN dan Tes Urin bagi sejumlah personel TNI dan PNS di lingkungan Makorem 022/PT. Acara Sosialisasi P4GN dan Tes Urin yang dilaksanakan di  Aula Pantai Timur Jalan Asahan Km.3,5 Nagori Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Senin (04/03/2024).

Dalam sambutannya, Danrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu, S. Sos., M.Si. M.Han., yang diwakilkan Kasi Intel Korem 022/PT Letkol Cpl Bomen Situmorang mengatakan, kegiatan Sosialisasi P4GN dan Tes Urin kali ini dilaksanakan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di satuan Makorem 022/PT. “Kegiatan tes urine ini dilaksanakan dua kali dalam setahun setiap enam bulan sekali yaitu, untuk Semester I dan Semester II,” kata terangnya.

Adapun kegiatan pemeriksaan tes urine meliputi, amphetamine, methampetamine, marijuanan, morphine, benzodiazepines, dan cocaine. “Pihak Korem 022/PT akan menindak tegas bagi anggota yang terlibat jaringan dan pemakai narkoba. Kalau ada anggota kami yang terbukti kedapatan memakai Narkoba, kita pasti akan tindak tegas,” jelas Danrem.

Kolonel Inf Agustatius Sitepu, mengatakan Pengguna dan Pengedar narkoba di Indonesia saat ini sudah sangat memperihatinkan, kebijakan Pemerintah yang kita laksanakan adalah perang terhadap Narkoba yang merupakan musuh bersama karena Narkoba dapat merusak generasi muda bangsa kita, terkait dengan upaya memberantas pengunaan maupun pengedaran Narkoba dilingkungan Jajaran Korem 022/PT, melakukan langkah-langkah diantaranya meningkatkan pengawasan terhadap Prajurit, melakukan tes urine secara berkala per semester I dan II setiap tahunnya terhadap Personel dan akan dilakukan secara acak guna mengetahui sejauh mana keterlibatan Anggota dilihat dari hasil tes urine setiap 6 bulan sekali, terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antaralain, para Kasi Korem 022/PT, Para KasatDisjan Rem 022/PT, Katim BNN Kota Pematangsiantar Ibu Dewi Sartika Tarigan dan rombongan, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 022/Pantai Timur.