Cegah Serangan Hama, Koptu Irwan Dampingi Penyemprotan Tanaman Padi

Kodam IM17 Dilihat

Aceh Timur – Koptu Irwan Babinsa Koramil 06/Darul Aman Kodim 0104/Aceh Timur dampingi penyemprotan padi milik Nazaruddin yang berlokasi di Desa Keumuning Dua, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (17/01/2023).

Pada fase perawatan budidaya tanaman padi, Hama adalah salah satu musuh yang sangat meresahkan bagi petani, selain dapat menurunkan hasil produksi padi serangan hama juga dapat berakibat pada rusaknya tanaman hingga gagalnya panen.

Koptu Irwan dalam kegiatannya mengatakan, perawatan tanaman padi berupa penyemprotan pestisida ini sebagai upaya antisipasi serta cegah dini pada serangan hama seperti wereng coklat, ulat penggulung daun, walang sangit maupun hama lainnya.

“Ini merupakan langkah antisipasi agar tanaman padi terhindar dari serangan hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman, sehingga produksi padi yang dihasilkan akan meningkat,” kata Irwan.

Ia juga mengatakan, jika waktu penyemprotan yang baik, pada pagi hari yaitu ketika air embun mulai hilang dan sebelum terik matahari menyengat atau antara pukul 08.00 hingga menjelang pukul 11.00 WIB.

“Sedangkan pada sore hari, penyemprotan dilakukan pada pukul 15.00 hingga menjelang pukul 17.00 WIB, yakni dengan melakukan penyemprotan pada pangkal batang padi, karena saat itu wereng biasanya menetap pada pangkal batang padi,” pungkas Babinsa.