Cegah Stunting, Babinsa Bendungan Rajin Ke Posyandu

OKEBUNG | Prajurit TNI AD yang bertugas sebagai Babinsa Bendungan, Koramil 01/Wates, Kodim 0731/Kulon Progo yakni Serma Sukardi patut diacungi jempol. Pasalnya, dia rajin mengikuti kegiatan Posyandu dan selalu datang membawa balita di tempat pelayanan Posyandu tersebut.

Seperti di Posyandu Widuri, Padukuhan Dondong, Kalurahan Bendungan, Kecamatan Wates, Senin (4/3/2024. Dimana Serma Sukardi lagi-lagi hadir memberikan pendampingan kegiatan Posyandu bersama tenaga kesehatan Puskesmas Wates dan kader Kesehatan Padukuhan.

“Kami sebagai Babinsa, selalu menyempatkan diri ikut kegiatan Posyandu. Paling tidak, kami bisa membantu program pemerintah dalam menyukseskan penanganan dan menekan kasus stunting,” katanya.

Disebutkan Serma Sukardi, Posyandu di tempat ini rutin digelar sebulan sekali. Adapun sasarannya adalah Balita Padukuhan Dondong. Kepada Balita diberikan pelayanan kesehatan dengan pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan.

“Ada juga penimbangan berat badan serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Hasilnya dicatat atau dibukukan masing-masing sebagai bahan acuan, sehingga dapat diketahui pertumbuhan atau perkembangan anak sekaligus pemantauan kesehatan Balita,” jelas Babinsa Serma Sukardi yang hadir bersama Bhabinkamtibmas Polsek Wates.

Serma Sukardi menyempatkan diri mengajak para ibu yang memiliki Balita agar rajin membawa putra-putrinya ke Posyandu guna pemeliharaan kesehatan dan pemantauan tumbuh kembang anak.

Selain itu, para ibu agar membiasakan pola hidup bersih dan sehat di dalam keluarga dan lingkungan, agar terhindar dari penyakit.

Sementara itu, kegiatan Posyandu ini dihadiri Kepala Puskesmas Wates dr. Susilo. P beserta Ibu Anna Satiti, S.Keb., (Bidan) dan Septian (Formkes). (Muiz)