Cegah Tawuran, Kapolres Magelang Kota Pimpin Aksi Damai Antar Pelajar

OKEBUNG |™Kapolres Magelang Kota, AKBP Herlina mendatangi SMK Muhammadiyah 1 Bandongan pada Senin, 26 Februari 2024 pagi. Kedatangan Kapolres Magelang Kota tersebut sempat menjadi perhatian dan teka-teki warga sekitar. 

Namun usut punya usut, terungkap bahwa kedatangan orang nomor satu di Polres Magelang Kota di SMK Muhamadiyah 1 Bandongan ini untuk memimpin aksi damai antar pelajar SMK. 

Adapun SMK yang menggelar aksi damai pagi itu yakni SMK 1 Muhammadiyah Bandongan, SMK Negeri 1 Windusari dan SMK Yudya Karya Kota Magelang. Acara akasi damai dipusatkan di SMK Muhammadiyah 1 Bandongan. 

AKBP Herlina mengatakan, aksi damai ini diharapkan dapat menciptakan situasi yang aman kondusif di wilayah hukum Polres Magelang Kota. Pasalnya, belakangan marak peristiwa tawuran yang dilakukan antar pelajar. 

Celakanya, tawuran ini tidak sekadar perilaku dan kenakalan remaja namun berujung pada perkelahian hingga menelan korban jiwa. 

“Tawuran antar pelajar ini tidak hanya mencoreng nama pribadi, keluarga maupun sekolah. Tetapi hakikatnya ini justru membuat para siswa-siswi ini adalah aset bangsa karena mereka merupakan generasi penerus bangsa,” kata AKBP Herlina. 

Dari Polri, lanjutnya, sebagai pengemban tugas untuk menciptakan situasi yang aman, kondusif mengajak pihak Sekolah, Guru, Orang Tua untuk bekerja sama memantau anak-anaknya dan siswanya agar tidak merambat ke kenakalan remaja. 

“Kami tegaskan, Polres Magelang Kota akan menindak tegas secara konsisten bagi pelajar yang melakukan tawuran maupun tindak penganiayaan,” tegas AKBP Herlina. 

Sementara itu, isi deklarasi damai antar sekolah yakni :

KAMI PELAJAR SMKN 1 WINDUSARI MAGELANG, SMK YUDYA KARYA KOTA MAGELANG, SMK MUHAMMADIYAH BANDONGAN MAGELANG BERJANII : 

1. STOP SEGALA BENTUK TINDAKAN ANARKIS YANG DILAKUKAN OLEH PELAJAR;
2. STOP TINDAKAN VANDALISME; 
3. STOP BERMEDIA SOSIAL YANG BERDAMPAK TAWURAN; 
4. STOP TONGKRONG-TONGKRONG YANG BERDAMPAK TAWURAN PELAJAR;
5. STOP KONSUMSI MINUMAN KERAS, MEMBAWA SENJATA TAJAM YANG DAPAT MEMICU TAWURAN;
6. JIKA TERJADI TAWURAN, MAKA SIAP DIPROSES SECARA HUKUM YANG BERLAKU. (Muiz)