Cegah Wabah Penyakit PMK, Babinsa Cek Kesehatan Hewan Ternak milik desa binaannya

Headline49 Dilihat

Babinsa Koramil 02/KT Kodim 0302/Inhu, Serka aidil fitri mengunjungi salah satu kandang ternak milik warga Desa talontam benai Kecamatan benai Kabupaten kuantan singingi, Selasa (16/01/2024). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi, mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku.

Pada kesempatan itu, Serka aidil fitri mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung pada hewan sapi.

Sosialisasi dan juga diberikan oleh petugas. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja bersama untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah khususnya di desa talontam benai Kecamatan benai ini aman dari virus PMK.

Dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa, untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ujar Babinsa.

Sebagai informasi, PMK ini tidak hanya menyerang pada hewan ternak sapi, karena ada beberapa hewan atau ternak yang rentan tertular seperti kerbau dan kambing, yang dapat menyebabkan nilai jual pada hewan ternak menurun.