Cegah Wabah PMK,Babinsa Koramil 08/KM Himbau Peternak Kerbau Di Desa Binaan

Anggota Koramil 08/KM Kodim 0302/Inhu Serda Hendi Saputra melaksanakan pemeriksaan terhadap ternak kerbau milik warga di wilayah Desa binaan Demi mengantisipasi dan mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bertempat Di Desa Sumpu Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Minggu ( 17/03/2024 ).

Babinsa Serda Hendi mengatakan adapun populasi ternak kerbau yang ada di wilayah Desa ini kurang lebih 350 ekor dan sampai saat ini belum ditemukan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.

Babinsa di wilayah turun langsung memantau kesehatan ternak di sejumlah peternakan yang ada.Tujuannya untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK.”Ia mengimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain”.Ujar Babinsa.