Ciptakan Kondusifitas Wilayah, Dandim 0510/Tigaraksa Talk Show Pengamanan Pemilu Damai 2024

Kodam Jaya402 Dilihat

Kodam Jaya, Tigaraksa – Menyikapi semakin dekat pelaksanaan Pemilu 2024 dan pentingnya menciptakan kondusifitas di wilayah, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB melakukan Talk show melalui podcast tentang Pengamanan Pemilu Damai 2024 di Stasiun Radio Lantai 5 Gedung Bupati Tangerang, Kamis (25/01/2024).

Dalam kesempatan itu, Dandim menyampaikan peran khusus Kodim 0510/Tigaraksa sebagai aparat di wilayah teritorial yang meliputi Babinsa dan Babinkamtibnas. Karena itu, Kami bertanggung jawab untuk memantau dan mengamankan pemilu yang akan datang.

“Babinsa telah dibekali pengetahuan mengenai netralitas, yang telah disosialisasikan oleh Kodam Jaya, Korem, dan Kodim. Buku saku mengenai netralitas TNI juga telah dibagikan. Selanjutnya, saat menghadapi pemilu nanti, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024, kami Kodim 0510/Tigaraksa menyiapkan sekitar 765 personil Kodim untuk tetap bekerja sama.” jelasnya.

Ditegaskan Letkol Arh Syarief SB, bahwa Kodim siap untuk mengawal pemilu yang aman dan damai bersama.Tentunya Babinsa sebagai garis terdepan pengamanan pada pemilu nanti. Sedang kan kabupaten Tangerang ini terdapat 9016 TPS yang nantinya kodim Tigaraksa akan mengerahkan sekitar 765 personil untuk memantau, monitor serta mengawal pelaksanaan pemilu.

“Tentunya kami juga berkolaborasi dengan pihak terkait seperti Babinkamtibnas, Babinsa, Linmas, serta pihak RT dan RW dengan membatasi gerak maju pengamanan dengan tidak di berada di lokasi TPS namun tetap terpantau hal ini demi menjaga netralitas TNI.” jelasnya.

Selain itu, Kodim 0510/Tigaraksa juga memiliki program-program rutin kedepan seperti TMMD yang bertujuan dalam pemerataan pembangunan di wilayah pedesaan. Program-program lainnya meliputi orang tua asuh stunting, Babinsa masuk dapur, serta Food Estate ketahanan pangan Kodim 0510/Tigaraksa yang ada di wilayah Legok.

“Program-program ini masih terus berjalan karena merupakan inisiatif dari pimpinan atas yang bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat sekitarnya.”jelasnya.

Saya selalu berpesan kepada seluruh anggota Kodim 0510/Tigaraksa untuk selalu bersyukur karena telah diberi pekerjaan dan kesehatan sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Salah satu bentuk bersyukur adalah dengan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan tidak membuat pelanggaran di mana pun bertugas. Karena jika melanggar, dapat merugikan diri sendiri, keluarga, dan satuan.” tambahnya.

“Tentunya harapan kita adalah apa pun hasil keputusan dari pemilu, kita harus tetap saling menghormati, toleransi, dan mewujudkan pemilu yang aman dan damai.” pungkasnya.

( Sumber Kodim 0510/Tigaraksa )