Dampingi Petani Tanam Jahe Sukseskan Swasembada Pangan Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |   Jenis jahe yang ditanam adalah jahe unggul dimana jenis ini sangat laris dipasaran dan sangat mudah untuk membudidayakan tanaman jahe ini, ada beberapa tahapan dalam proses penanamannya yaitu perlakuan bibit jahe. Sebelum ditanam bibit, terlebih dahulu disemai sampai tumbuh tunas dengan ukuran lebih kurang 10 cm sampai 20 cm, tahap selanjutnya baru kita pindahkan ke media yang sudah disiapkan untuk penanaman. Perawatan tanaman jahe ini sangat mudah yaitu dengan penyiangan rumput, penggemburan tanah, dan pemupukan secara periodik.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Dolok Pardamean jajaran Kodim 0207/Simalungun Kopda Safarudin turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Petani Jahe sekaligus melaksanakan pendampingan Penanaman Jahe dilahan warga binaan, yang sedang melaksanakan penanaman jahe seluas 15 rante. Babinsa mendorong semangat warga dalam bertani sehingga kebutuhan hidup dapat terpenuhi dan meningkatkan perekonomian petani, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Sirube-rube Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun, Senin (15/01/2024).

Dengan melaksanakan pendampingan memanen tanaman Jahe di warga masyarakat binaan, dalam kegiatannya tersebut Babinsa Kopda Safarudin mengatakan kegiatan pendampingan memanen Jahe  ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan para petani yang ada dalam memberikan semangat serta motivasi dalam bercocok tanam.

“Selain bercocok tanam jahe, warga juga menyisipkan tanaman jenis pisang dan singkong dikebunnya, dengan harapan dapat mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan perekonomian keluarga”, jelasnya.

Lanjutnya Kopda Safarudin menambahkan, kegiatan pendampingan ini kita lakukan bertujuan membantu serta mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah. “Sebagai seorang Babinsa kita harus selalu siap sedia membantu warga dalam kegiatan meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya”, tutupnya.