Dandim 0104/Aceh Timur Tinjau Lokasi Rencana Pagelaran TMMD Reguler ke-117 di Pedalaman Kota Langsa

Kodam IM42 Dilihat

OKE BUNG|

Langsa – Komandan Kodim 0104 Aceh Timur Letnan Kolonel Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol., Rabu (30-11-2022) meninjau langsung lokasi dan sasaran rencana TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-117 tahun anggaran 2023, di Gampong Suka Jadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa.

TMMD Reguler ke-117 atau bakti TNI ini rencananya akan dibuka pada bulan Mei 2023 mendatang, akan fokus membangun fasilitas di Gampong Suka Jadi Makmur Kebun Ireng, yaitu sasaran fisik antara lain pengerasan jalan penghubung dengan panjang 1.245 x 4 meter dan pembukaan jalan dengan panjang 300 x 5 meter.

Pembuatan 1 unit jembatan dengan panjang 5 x 4 meter, pembuatan 1 unit plat beton 3 x 4 meter, pembuatan 5 unit gorong-gorong, pembangunan 1 unit MCK ukuran 6 x 3 meter per segi, dan pembuatan lapangan volley 20 X 20 meter 1 unit.

Sedangkan sasaran non fisik antara lain sosialisasi Wawasan Kebangsaan, sosialisasi KB Kesehatan, sosialisasi Bahaya Narkoba dan sosialisasi Pertanian.

“Kegiatan TMMD ini bekerjasama antara TNI melalui Kodim 0104/Atim dengan Pemerintahan Kota Langsa,” ujar Dandim 0104/Atim, saat bertemu dengan tokoh masyarakat dan perwakilan dari Dinas PU Kota Langsa di Kantor Geuchik Gampong Suka Jadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama.

Menurut Lektol Inf Agus Al Fauzi, saat pelaksanaannya nanti akan melibatkan prajurit Kodim 0104/Aceh Timur dengan dibantu masyarakat setempat dalam rangka percepatan pengerjaan.

Sementara target pelaknaannya adalah selama 30 hari kedepan sejak dibukanya TMMD Reguler Ke-117 Kodim 0104/Atim. Namun terlebih dahulu akan diadakan Pra-TMMD.

Dijelaskan Dandim, TMMD adalah program dari TNI dalam rangka mewujudkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang untuk menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Dalam membantu program pemerintah daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisif maupun non fisik.

Dengan adanya pembukaan dan pengerasan jalan pada TMMD ini, kita harapkan masyarakat agar tidak susah lagi membawa hasil panennya ke jalan utama,” pungkas Dandim.

Sementara Geuchik Gampong Suka Jadi Kebun Ireng, Edi Putra, mengaku senang dan bangga Desa yang dipimpinnya ini terpilih sebagai tujuan pelaksanaan TMMD, yakni pembangunan sasaran fisik seperti pengerasan jalan, pembukaan jalan, dan lainnya.

Dikatakannya, pembangunan TMMD Reguler 117 tahun 2023 ini tentunya bisa memperbaiki perekonomian serta memperlancar mobilitas masyarakat setempat.

Edi Putra juga berharap untuk pelaksanaan kegiatan TMMD, sinergi antara TNI dan masyarakat untuk lebih di tingkatkan lagi, sehingga sasaran sasaran pelaksanaan TMMD dapat terselesaikan dengan baik,” tandas Geuchik yang ramah itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pasi Ter Kodim 0104/Atim Lettu Inf Syahrial, Danramil 23/Lgst Kapten Kav Khairul Nizam, Kabid Binamarga Dinas PUPR Kota Langsa Samsul Bahri, ST., Tuha Peut Gp. Suka Jadi Kebun Ireng Khairuddin, Babinsa dan Babhinkamtibmas, Perangkat Gampong dan Staf.