Dandim 0104/Atim Manunggal Shubuh Di Masjid Baiturrahim Lhoknibung

Kodam IM21 Dilihat

Aceh Timur – Kalimat Safari Shubuh atau Manunggal Shubuh yang sering kita ungkapkan, dengan kegiatan yang diawali dengan pelaksanaan sholat shubuh berjamaah, pencanangan kegiatan secara rutin dan bergulir, terprogram dan sistematis oleh pemerintahan Kabupaten/Kota, Seperti Manunggal Shubuh kali ini yang ke 248 di Masjid Baiturrahim Desa Lhoknibung Kec.Pante Bidari Kab. Aceh Timur, Minggu (13/11/2022).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Dandim 0104/Atim Letkol Inf Agus Alfauzi, S.I.P., M.I.Pol. beserta Kapten Inf A. Suheri selaku Pasiops Kodim dan Kapten Inf Razak sebagai Pasipers Kodim serta lewat pendampingan Kapten Arh Syafari sebagai Danramil 20/Pante Bidari besera segenap Baninsanya, sedangkan dari Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur terjun langsungnya Ir. Mahyuddin, M.Si selaku Pj. Bupati Aceh Timur yang didampingi oleh Abu Keude II, Abu Dayah Peurelak Barat dan lainnya, para Abati serta guru guru dayah Di Wilayah Kab. Atim, Kapolsek Pante Bidari beserta anggotanya, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga binaan wilayah Kec. Pante Bidari.

Menurut Dandim Agus Alfuzi kegiatan ini adalah bentuk kegiatan untuk ciptakan kedekatan masyarakat dengan TNI (Tentara Nasional Indonesia) khususnya di wilayah binaan Kodim 0104/Atim yakni Kabupaten Aceh Timur, dengan mengedepankan kultur adat istiadat dalam menyokong kesyariat islami dalam kehidupan sehari-hari agar terciptanya rasa persaudaraan dan keakraban ukhuwah islamiah bersama masyarakat lewat rangkaian sholat subuh berjamaah, berzikir, doa’ bersama dan santunan yang tergabung dalam satu wadah yaitu safari shubuh bersama masyarakat wilayah binannya, jelas Dandim.

Melalui kegiatan yang langsung di hadiri oleh awak media juga, kegiatan manunggal shubuh tidak luput dari dukungan dari pengurus Masjid Baiturrahim Lhoknibong Kec. Pante Bidari tentunya, dengan jamaah yang berkisar -+ 200 orang melaksanakan sholat subuh serta menerima tausyiah dari Tengku Zakaria yang diundang dari Dayah Aceh Selatan.

Adapun kegiatan setelah melaksanakan sholat shubuh dilaksanakan zikir bersama kemudian peusejuk Pj. Bupati oleh tokoh Abu Jabar pengasuh Dayah Long Angin yang selanjutnya kata sambutan dari Pj. Bupati Mahyuddin dengan ucapan terimakasih atas sambutan hangat dari seluruh lapisan masyarakat yang hadir di masjid Baiturrahim, kemudian ia juga menghimbau dengan mengajak bersama sama untuk menjaga bumi dengan pemeliharaan ibadah sholat shubuh berjamaah atas terimakasihnya kepada Sang Khalik untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, tutup Pj. Bupati.

Sedangkan isi tausyiah Tengku Zakaria dimana sebagai Guru Dayah Ashabul Yamin Bakongan Aceh Selatan menyampaikan Tausyiah singkatnya untuk menghimbau para jamaah untuk selalu membaca Alqur’an dengan benar, dan menerapkan maknanya di kehidupan sehari hari kita, kemudian ia lebih berpesan dalam belajar ilmu thajuid harus benar benar sesuai hukum dan aturannya, sehingga kita lebih mendapatkan keberkahan dan memaknai dengan sebenar benarnya agar tujuannya tepat, terap Tengku Zakaria.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar dan di tutup dengan sarapan pagi bersama para Abu, para Tengku, Toma, Toga dan warga sekitar Desa Lhoknibung, pungkas Dandim Agus Alfauzi