Dandim 0309/Solok Bersama Forkopimda Solses Terima Kunjungan Wamentan RI

.
OKEBUNG|
Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., menghadiri Pencanangan Solok Selatan Sebagai Sentra Sorgum Nasional-Integrasi Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Ketahanan Pangan, Ketahanan Pakan dan Ketahanan Energi, Rabu, 30 November 2022.

Disebutkan Harvick Hasnul Qolbi, kegiatan itu selaras dengan misi mewujudkan kepatuhan dan mendukung program ketahanan pangan, pakan, dan energi nasional, mulai penanaman tanaman serba manfaat, sorgum.

“Di tahap awal ini pemerintah mengajak masyarakat mempersiapkan lahan seluas 566 hektar untuk ditanami sorgum, ” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan, dengan dicanangkan daerah yang dipimpinnya itu sebagai sentra sorgum nasional, tentu menjadi angin segar yang membawa harapan baru dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Solok Selatan.

“Ini berkah untuk masyarakat Solok Selatan. Program ketahanan pangan tersebut menjadikan Solok Selatan sebagai sentra sorgum yang akan menunjang pemenuhan pasokan sorgum di Sumatera Barat dan nasional. Hasilnya Insyaa Allah akan terlihat dari taraf perekonomian masyarakat, ” ujar Khairunas.

Di sela-sela kegiatan itu, Dandim 0309/Solok mengatakan bahwa Kodim 0309/Solok juga tengah fokus menggalakkan program gagasan Danrem 032/Wirabraja yaitu P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat), dimana melalui program itu setiap prajurit dituntut manpu untuk berinovasi melakukan kegiatan produktif, dengan menggandeng dan memberdayakan masyarakat, yang hakekatnya untuk menopang peningkatan kesejahteraan ekonomi prajurit maupun masyarakat binaan.

Kegiatan P3MP itu, salah satunya bergerak di sektor pertanian. Oleh sebab itu, Dandim Letkol Arm Hendrik Setiawan berharap kegiatan itu bisa dikolaborasikan dengan kegiatan P3MP tersebut.

“Kodim 0309/Solok siap untuk bekerjasama mendukung sukses program yang telah dicanangkan ini,” ujar Dandim.

Letkol Arm Hendrik pun berharap, dengan bersama-sama program itu bisa terealisasi sesuai harapan, hingga kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Solok Selatan secara umum serta kemajuan daerah bisa meningkat.

Dalam rangkaian kegiatan itu, Dandim 0309/Solok bersama Wamentan dan rombongan, Bupati Solok Selatan, Ketua DPRD Solok Selatan beserta jajaran Forkopimda juga turut melakukan penandatanganan pencanangan Solok Selatan sebagai Sentra Sorgum Nasional, serta penanaman perdana Sorgum. 

Hadir langsung Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi, Direktur Panas Bumi Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Harris Yahya, Direktur PT. Sorgum Indonesia Muhendri Sultan Chaniago, Bupati Solok Selatan H.Khairunas, Katua DPRD Kabupaten Solok Selatan Zigo Rolanda, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Adhi Sabhara, SH, S.IK, M.Si, perwakilan dari Kejari, Sekretaris Daerah, OPD, serta penyuluh di lingkup Kabupaten Solok Selatan, dan masyarakat.