Dandim 0424/Tanggamus Hadiri Penandatanganan MoU dan Sosialisasi Aplikasi e-Berpadu

TNI Polri24 Dilihat

Tanggamus – Dandim 0424/Tanggamus Letkol Arm Micha Arruan. S. E., M. M menghadiri penandatanganan Mou dan sosialisasi Aplikasi Elektronik Berkas Pidana Terpadu
Pengadilan Negeri Kelas II B Kota Agung, Bertempat di Aula Kantor Pengadilan Negeri Kota Agung kelas II, Jl. Jenderal Suprapto, Kota Agung, Kabupaten Tanggamus Kabupaten Tanggamus.Rabu (16/11/2022).

Ketua Pengadilan Negeri Kota Agung Kelas II (Ari Qurniawan,S.H,.M.H) Menyampaikan : Aplikasi E-Berpadu merupakan Produk Kejaksaan Agung RI secara resmi telah diluncurkan oleh Mahkamah Agung sejak Tanggal 19 Agustus 2022 , dan melalui sosialisasi serta penandatanganan MoU ini Pengadilan Negeri Kota Agung Kelas II, Kabupaten Tanggamus berkomitmen untuk mewujudkan percepatan implementasi aplikasi tersebut dilingkungan wilayah hukum Pengadilan Negeri Kota Agung Kelas II Kabupaten Tanggamus.

Diharapkan Dengan adanya aplikasi E-Berpadu pertukaran data maupun informasi seperti perpanjangan penahanan dari pihak kepolisian, pelimpahan berkas perkara dari penuntut umum, izin besuk oleh yang dilaksanakan oleh lapas, dengan didahului permohonan masyarakat umum secara langsung maupun melalui advokat, serta pertukaran informasi antar instansi dari dan ke Pengadilan Negeri Kelas II Kota Agung Kabupaten Tanggamus dapat dilaksanakan melalui aplikasi E-Berpadu”Ujarnya.

Pertukaran data dan informasi yang dilaksanakan melalui aplikasi e-Berpadu ini merupakan implementasi dalam mendukung tercapainya SPPT-TI sebagai program pemerintah Republik Indonesia. Adapun Fitur yang disediakan pada aplikasi E-Berpadu meliputi :
E-Pelimpahan, E-Sita, E-Penggeledahan, E-Penahanan PN, E-Pembantaran, E-Pinjam Pakai, E-Diversi, E-Izin Besuk
Tujuan Aplikasi e-Berpadu di buat adalah untuk terwujudnya proses penanganan perkara pidana yang berbasiskan Teknologi Infomasi, Memangkas Birokrasi,efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Turut hadir Hadir dalam kegiatan tersebut , Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K.,M.I.K, Wakapolres Kompol Muhammad Ali Muhaidori,S.I.K,
Kasi Pidum pringsewu Krisdianto ,S.H,.M.H, Kajari Tanggamus Yunardi,S.H, M.H, Kalapas Kotaagung, Karutan Tanggamus serta Tamu dan Undangan.