Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

SUKABUMI|
Dalam rangka memberi pemahaman kepada Petugas KPPS, Partai Politik dan Masyarakat tentang mekanisme dan syarat syarat keabsahan yang akan dilaksanakan pada saat pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu Tahun 2024. KPU Kota Sukabumi mengadakan kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak 2024, bertempat di TPS 017 Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi,

Kegiatan tersebut, berlangsung di Taman hutan Kota Kibitay, Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (31/01/2024).

Dalam sambutannya, Ketua KPU kota Sukabumi, Imam Sutrisno menyampaikan, bahwa acara ini bertujuan untuk memastikan dan memantapkan persiapan jajaran penyelenggara pemilu khususnya keluarga besar KPU kota Sukabumi.

”Beberapa waktu lalu, kita juga sudah melakukan pelantikan dan bimbingan teknis untuk seluruh KPPS yang jumlahnya 6993 orang se-Kota Sukabumi. Hari ini simulasi pungut dan hitung dilakukan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang tugas dan fungsinya masing-masing, mulai dari KPPS 1 hingga KPPS 7,” tuturnya.

Kegiatan hari ini, sambung Imam, adalah rangkaian dari seluruh proses pemantapan kesiapan jajaran KPU Kita Sukabumi dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

”Dalam satu atau dua hari ke depan, kami akan melakukan sampling untuk kesiapan para KPPS dari seluruh Kelurahan se-Kota Sukabumi. Semoga upaya kita ini bermanfaat dalam kelancaran Pemilu 2024,” tutupnya.

Hal senada, Pj Walikota Sukabumi Drs. Kusmana Hartadji MM., menuturkan, ”14 (Empat Belas) hari lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi. Simulasi ini adalah latihan agar semua berjalan lancar,” terangnya.

Menurutnya, bahwa proses Demokrasi di Indonesia mengalami kemajuan. Salah satu indikator yang bisa diukur adalah partisipasi rata-rata berkisar 80% (Delapan Puluh Persen).

”Berdasarkan informasi di tahun 2019, Kota Sukabumi 86% (Delapan Puluh Enam Persen), jadi di atas rata-rata. Mungkin masih ada beberapa kelemahan akibat kesalahan teknis atau human error, tapi yang bersifat masif, sistematis dan terstruktur sepertinya sudah tidak ada lagi,” paparnya.

Karena itu, Kusmana mengatakan, simulasi ini sangat penting untuk mengukur sejauh mana kesiapan kita dalam Pemilu tersebut.

“Adanya KPU yang kredibel, transparan dan independen sudah terpilih meskipun agak terlambat. Semoga dengan proses ini, kita bisa mendapat gambaran kesiapan Pemilu 2024, sehingga kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan lebih awal,” tandasnya.

Sementara, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo S.H., S.IK., M.Si., menyampaikan laporan tentang kondisi keamanan di Kota Sukabumi.

”Pada dasarnya, kondisi keamanan di Kota Sukabumi terkendali, tidak ada persoalan yang sangat berarti. Walaupun tingkat kejahatan sedikit meningkat, pengeroyokan dan pidana lainnya, itu semua merupakan tugas kami yang akan kami perbaiki. Kita selalu melaksanakan patroli pada jam-jam dan tempat-tempat rawan,” terang AKBP Ari.

Selaku Kapolres Sukabumi Kota, ia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, ketika selama pemilu terjadi tindakan melanggar aturan secara pidana yang berbentuk ancaman atau intimidasi lain, utuk segera melaporkan ke pihak Penegakan Hukum Terpadu.

“Silahkan untuk melaporkan kepada Team GAKUMDU (Penegakan Hukum Terpadu),” tegas Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo S.H., S.IK., M.Si.

Dikesempatan yang sama, Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto S.Hub.Int., mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kota Sukabumi untuk menentukan hak pilihannya.

Disamping itu, Ia pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kota Sukabumi untuk bahu membahu mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Petugas KPPS dan Warga Masyarakat Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Dikesempatan tersebut, dihadiri oleh PJ. Walikota Sukabumi Drs. Kusmana Hartadji MM., Dandim 0607/Kota Sukabumi, Letkol Inf Yudhi Hariyanto S.Hub.Int., Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo S.H., S.IK., M.Si., Ketua DPRD kota Sukabumi H. Kamal Suherman S.H., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sambada M.Si., Asda 1 Sekda Kota Sukabumi Andri Firmansyah, Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi Samsul Puad S.H., M.H., dan Kasi Intel Kejari Kota Sukabumi David Razi S.H., M.H.

Serta, diikuti pula oleh Kabag OPS Polres Sukabumi Kota KOMPOL Deden Sulaeman, Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno, Sekretaris KPU Kota Sukabumi Basuki S.H., Kordiv Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Kota Sukabumi Aminudin S. Kom., Rahmad Sukendar (Kasus Kominfo kota Sukabumi), Mimbar Solihin (Sekban Kesbangpol Kota Sukabumi), para Camat se-Kota Sukabumi, dan sejumlah perwakilan warga masyarakat Situmekar.

Kabarjournalist.com/kodim Sukabumi