Dandim 0719/Jepara Dampingi Pj Bupati Terima Kunjungan Danlanal Semarang

OKEBUNG | Mengenakan stelan kemeja putih dipadu dasi merah, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, SIP turut mendampingi Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menerima kunjungan kerja Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla, MM di Jepara pada Selasa, 10 Januari 2023.

Kedatangan Danlanal Semarang didampingi Wakil Danlanal dan perwita stafnya disambut langsung Pj Bupati Jepara di Ruang Kerja Bupati Jepara.

Dalam pertemuan itu, Pj Bupati Jepara mengucapkan terima kasih atas bantuan Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang yang telah berkontribusi dalam pengiriman pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke Karimunjawa pada awal Januari 2023 lalu menggunakan KRI Makassar-590.

“Terima kasih sudah membantu kami di Karimunjawa. Sekarang stok BBM sudah cukup,” kata Pj Bupati Jepara.

Sedangkan dalam kesempatan tersebut Danlanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla, MM mengisahkan terkait kondisi cuaca yang fluktuatif pada saat pengiriman BBM ke Karimunjawa.

“Perjalanan berangkat langitnya cukup gonjang-ganjing. Kami berangkat pukul 08.00 WIB sampai di sana 15.30 WIB,” terang Hariyono.

Kolonel Marinir Hariyono pun merinci tugas dan fungsi dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang yakni mendukung administrasi dan logistik TNI AL.

Selain itu, Lanal Semarang juga melayani Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) berupa kapal perang, pesawat udara yang terdiri dari gabungan antara angkatan laut dan darat yang bersandar di Semarang.

“Wilayah kerja kami mencakup perairan Pulau Bawean hingga Karimunjawa, Jepara. Permasalahan di laut tidak mudah. Misalnya perselisihan antar nelayan yang mengklaim wilayah laut,” terang Kolonel Marinir Hariyono.

Lebih lanjut, dirinya pun memaparkan bahwa di Jepara terdapat sebuah pos Angkatan Laut di Pelabuhan Rakyat di Ujung Batu, Jepara. Kolonel Marinir Hariyono menyampaikan di sana merupakan pos penjagaan untuk keamanan masyarakat.

“Harapan kami, antara TNI, Polri, dan pemerintah dapat bersinergi dalam menjaga wilayah,” kata Kolonel Marinir Hariyono. (Miko/Muz)