Dandim 0729 Bantul Pimpin Upacara Penutupan TMMD Ke 115 Di Imogiri

TNI Polri22 Dilihat

Bantul – Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Arif Hermad, S.I.P memimpin upacara penutupan TMMD Ke 115 di Imogiri Bantul. (09/11/22).

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0729 Bantul Letkol Inf Arif Hermad membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono bahwasannya upacara penutupan TMMD Ke 115 tahun 2022 Pangdam IV/Diponegoro mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, diantaranya para anggota TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan ini sejak tanggal 11 Oktober sampai 9 Nopember 2022, saling bahu membahu bersama-sama menyelesaikan program Tmmd ke 115.

Kita ketahui bersama TNI AD melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sejak tahun 1980-an dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kodam IV/Diponegoro sebagai bagian dari TNI AD, melalui program TMMD berupaya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah-daerah 3 T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), perbatasan, daerah kumuh perkotaan maupun daerah yang dilanda bencana alam.

Pada tahun 2022 ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar program TMMD Reguler ke 115 secara tersebar di Kab. Cilacap, Gunungkidul, Jepara dan Kota Semarang. Kami bangga, berkat kerjasama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, sasaran fisik TMMD berupa pembangunan/rehab infrastruktur berupa jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi warga dapat terselesaikan.

Selain itu sasaran non fisik berupa sosialisasi terhadap stunting, pembekalan terhadap Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), penyuluhan Bela Negara, bahaya Narkoba, pertanian, peternakan, kesehatan dan lain-lain, juga dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana. Program sasaran non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui maraknya penyalahgunaan narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas serta isu bangkitnya kembali paham komunisme dan radikalisme, yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia.

Kegiatan tmmd ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat guna mewujudkan Indonesia yang kuat, sesuai dengan tema Tmmd Ke 115 Ta 2022 yaitu “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”. Pesan Bapak Pangdam IV/Diponegoro terus pelihara semangat gotong royong, sinergitas dan silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat demi menjalin kemanunggalan antara TNI-Rakyat. Jaga dan rawat sarana hasil program TMMD, agar bermanfaat bagi warga masyarakat dan memiliki usia pakai yang panjang. “Selalu jaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan tetap tetapkan protokol kesehatan karena pandemi Covid 19 belum berakhir”. Tutup Dandim dalam membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro.