Dandim 1302/Minahasa Hadiri Launching Dana Desa Tahun 2024

Kodam 13 Merdeka258 Dilihat

MINAHASA|
Komandan Komando Distrik Militer ( Dandim ) 1302/Minahasa Letnan Kolonel Inf Mutakbir menghadiri kegiatan Laonching Dana Desa yang dirangkaikan dengan penyerahan Lencana Desa Mandiri yang bertempat di Gedung Wale Ne Tou Kelurahan Sasaran, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara,Kamis (08/02/2024) pukul 10.45 wita.

Diketahui dalam kegiatan tersebut juga sekaligus dilaksanakan peresmian Hasil-hasil kegiatan pembagunan Desa selama kurun waktu Tahun 2023 oleh Pejabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stany Kumendong, M.Si, pada kesempatan ini Bupati memberikan sambutan, “Saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak KPPN Manado atas kepedulian, perhatian dan optimalisasi pelayanan yang cepat dan akurat dalam penyaluran dana desa dan dana alokasi khusus di Kabupaten Minahasa, Katanya.

Lanjut Bupati, Selamat bagi desa-desa yang telah menerima Lencana Desa Mandiri. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada desa dan hukum tua yang sudah berhasil membawa kemajuan bagi desanya, Desa mandiri di kabupaten minahasa telah mencapai 164 desa atau 72,25% dari 227 desa, pencapaian ini adalah yang terbanyak se-provinsi sulawesi utara. Diharapkan penghargaan ini akan menjadi pemacu, baik bagi desa-desa penerima lencana maupun 63 desa lainnya yang masih berada di peringkat maju dan berkembang, untuk terus bekerja keras menata desa menuju kemandirian,”Ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Kumendong menyampaikan, Sampai Tahun 2024, desa-desa di kabupaten minahasa sudah menerima dana desa mencapai angka kurang lebih RP. 1.570.992.996.000,- ( Satu Triliun – Lima Ratus Tujuh Puluh Miliar Sembilan Ratus Sembilan Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Enam Ribu Rupiah ), Pemberian bantuan bagi usaha ekonomi produktif, pengembangan badan usaha milik desa dan teknologi tepat guna, penguatan ketahanan pangan dan hewani penanganan stunting, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan, penanganan bencana alam dan non-alam serta berbagai kegiatan inovasi lainnya telah menjadi program prioritas yang dianggarkan setiap tahun. Pelaksanaan beragam program dan kegiatan tersebut, wajib disertai dengan pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,”Tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stany Kumendong, M.Si, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Wakapolres Minahasa Kompol Sumaji S.Sos mewakili Kapolres Minahasa, Kajari Minahasa Dicky Oktavia, SH, MH, Sekda Kab Minahasa Dr. Lynda Deisye Watania, MM, M.Si, Kepala Seksi Bank KPPN Manado Mashudi Adi Nugroho, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/PMD Kab.Minahasa Drs. Arthur N. Palilingan, Ketua BPMJ GMIM Moria Sasaran Pdt. Linda Walalangi, S.Th, Asisten Setdakab Minahasa, Para Staf Khusus Bupati Kab. Minahasa, dan Para Camat/Hukum Tua se-Kabupaten Minahasa,”Ujarnya

(Orik / LCN)