Dandim 1702/Jayawijaya : Pembentukan 3 DOB Provinsi Di Papua Mempercepat Pembangunan

OKEBUNG|
Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip S.H.,M.H., menuturkan bahwa dengan pembentukan 3 Daerah Otonomi Baru di Provinsi Papua yakni papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan akan mempercepat pembangunan di daerah tersebut.

Pihaknya mencontohkan seperti pada Provinsi Papua Barat yang terus maju dan berkembang seperti saat ini.

“Pembentukan Provinsi baru di Papua ini dapat mempercepat pembangunan yang berimbas juga pada kemajuan daerah sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya kepada media disela-sela menghadiri acara peresmian 3 DOB Provinsi tersebut di Jakarta, Jum’at (11/11/2022).

Dandim yang juga Putra Asli Papua Pegunungan tersebut berharap dengan diresmikannya provinsi baru ini maka percepatan pembangunan di Papua bisa segera dilaksanakan sebab hal tersebut merupakan harapan dari seluruh masyarakat di Tanah Papua.

“Kita semua ingin agar pembangunan segera dilaksanakan sehingga Papua akan sama seperti daerah lainnya di Indonesia,” katanya.

Diberitakan pada hari ini Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah meresmikan 3 provinsi baru Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan bertempat di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini, Jumat 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022,” ucap Tito.

Peresmian ini juga ditandai dengan pelantikan 3 penjabat (Pj) gubernur yang sudah ditunjuk Presiden RI Joko Widodo untuk memimpin 3 provinsi baru tersebut.

Peresmian pun dilakukan secara simbolis dengan penabuhan tifa yang merupakan alat musik khas Papua serta penandatanganan prasasti.

Adapun 3 provinsi baru tersebut merupakan pemekaran dari Provinsi Papua. Undang-undang yang mengatur pembentukan tiga provinsi tersebut disahkan oleh DPR RI pada 30 Juni 2022 dan ditetapkan pada 25 Juli 2022.

Para PJ Gubernur itu adalah Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah.

Apolo merupakan Rektor Universitas Cendrawasih Papua dan Nikolaus merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua. Sementara itu, Ribka menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua.