Dandim Bersama Kapolres Metro Jakarta Timur Pimpin Mediasi Damai Warga RW.08 komplek Dispalad

Kodam Jaya628 Dilihat

OKEBUNG|
Bertempat dikantor sekretariat RT.03,04 RW.08 Kelurahan Cipinang Besar Utara Kecamatan Jatinegara, Dandim 0505/JT bersama Kapolres Metro Jakarta timur pimpin kegiatan mediasi antara warga RT. 03.04 RW.08 dikomplek Dispalad (Depan kejaksaan timur), Rabu (23/11/22).

Mediasi Damai yang dipimpin Dandim 0505/JT Kololonel Arm.Yogo Widiyatmoko,S.Sos,M.Tr (Han) bersama Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol.Budi Sartono,SIK. M.Si.M.Han di kantor sekretariat RW.08 ini di hadiri Kasatreskrim AKBP Ichwanul Iksan, Kasat Samapta AKBP Kaharudin, Danramil 01/Jatinegara Letkol Czi Jarmadi, Kapolsek Jatinegara Kompol Entong R, Kasat Binmas Kompol. Adi W, Lurah CBU Agung Budi Santoso, Kasipem Yaser, Ketua RW.08 Heru, para Ketua RT.03,04, Warga RT. 03.04, Babinsa Serda Tarsono, Bati tuud Peltu Osben, Bhabinkamtibmas dan Ketua RW.07 Rizal.

Penyampaian Dandim 0505/JT, keributan yang dilakukan dikomplek angkatan Darat yang masuk wilayah Jakarta Timur ini merupakan tanggung jawab Dandim 0505/JT dan kebawah adalah Danramil 01/Jatinegara beserta Anggota Babinsanya,
Kapolres turut hadir dalam kegiatan mediasi karena ini wilayah hukum Polres Metro Jakarta timur apalagi ada perintah dari bapak Kapolda Metro Jaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kami, Dandim bersama Kapolres turun langsung untuk mencari kronologis sebenarnya biar ada titik terang tentang permasalahan tersebut.

Lanjut Dandim, apabila ketua RW punya data rekaman cctv, kasihkan ke Polsek Jatinegara biar nanti kita ketahui siapa dalang dibalik keributan ini.

Penyampaian Kapolres Metro Jakarta timur, kami datang ke sini saya dan bersama Dandim untuk melaksanakan mediasi dan kemudian diantara kedua belah pihak pasti berargumen dengan argumen masing-masing kemudian keterangan saling Serang menyerang dan tidak ada yang mau disalahkan dan tidak mau mengalah akan tetapi perlu kita cari permasalahan utamanya.
kita mau tahu siapa pelaku utama dan kemudian jangan sampai setiap pihak keamanan melaksanakan tugas jangan sampai terjadi suatu yang tidak kita inginkan (Melawan petugas), kemudian kegiatan malam akan saya ketatkan mulai malam ini sampai seterusnya.

Kapolres berharap agar warga yang bertikai sebaiknya itu yang kita cari dan kita kumpulkan jangan warga yang baik baik aja dikumpulkan, agar kedepan permasalahan keributan tidak terulang lagi.

Penyampaian Ketua RW.07, Tidak ada api tidak ada asap, sehingga kalau kita bertanya siapa yang duluan siapa yang mendahului dan kalau mediasi seperti ini terus kemudian tidak ada tidak lanjut ke bawah saya sebagai RW juga bingung oleh karena itu perlu kita kumpulkan peran dari pihak orang tua karena kalau setingkat RT/RW tidak bisa karena ada pihak keluarga yang lebih dekat sama mereka,
Saya selaku RW.07 tidak mau mencari siapa yang salah yang benar namun hari ini kita lebih mendekatkan warga kita ke orang tua kalau kami sebagai ketua RT/RW hanya mediasi untuk mencari solusi kalau orang tua ada hubungan emosional keluarga yang gampang memberikan nasihatnya.

Kegiatan mediasi yang dilakukan oleh Dandim 0505/JT , Kapolres Metro Jakarta timur bersama Polsek, Koramil 01/Jatinegara, perangkat RT/RW dan warga RW.08 ,07 dengan hasil pada hari Jumat tanggal 25 November, Seluruh remaja bersama orang tua nya datang ke kantor Sekretariat RW.08 dengan membawa seluruh alat Sajam yang ada di rumah dan akan dilakukan mediasi damai.

*Sumber Kodim 0505/Jakarta timur*