Dandim 0731 Dukung Kulon Progo Jadi Daerah Observasi Calon Percontohan Kabupaten/Kota Anti Korupsi

OKEBUNG | Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Arh Viki Herwandi menghadiri Observasi Calon Percontohan Kabupaten dan Kota Anti Korupsi 2024. Kegiatan ini digelar pihak KPK RI di Aula Adikarta Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Acara yang berlangsung pada Rabu, 27 Maret 2024 itu, dihadiri pula Forkopimda Kulon Progo, OPD dan pengurus Persatuan Lurah dan Kepala/Direktur BUMN dan BUMD se-Kabupaten Kulon Progo.

Menurut Pj. Bupati Kulon Progo mengaku bangga karena dikunjungi langsung Tim KPK RI, dalam rangka Observasi Calon Percontohan Kabupaten/Kota Anti Korupsi.

“Kami telah berupaya semaksimal mungkin mewujudkan tata pengelolaan pemerintah yang bebas dan bersih dari korupsi,” kata Pj Bupati Kulon Progo.

“Peran Irda sebagai pengawas telah melakukan penguatan penegakkan budaya anti korupsi dari para pelaksananya,” tempatnya.

Dikatakan, sinergitas aparat penegak hukum dalam bentuk pendampingan, penyuluhan dan penerangan hukum terus pihaknya lakukan guna mendongkrak semangat pemberantasan tindak pidana korupsi di Kabupaten Kulon Progo.

Sementata itu, Inspektur Provinsi DIY Muhammad Setiadi mengatakan Program Percontohan Kabupaten/Kota Anti Korupsi merupakan terobosan program KPK RI untuk menilai efektivitas pelaksanaan peraturan perundang-undangan tipikor.

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu nominator, semoga dapat memenuhi kriteria dan semoga kegiatan ini menjadi pendorong gelora anti korupsi untuk semuanya.

Kepala Satuan Tugas Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI Rino Haruno memperkenalkan program KPK RI. Dan, Kabupaten Kulon Progo salah satu dari 151 Kabupaten di Indonesia yang mengusulkan diri untuk menjadi Kabupaten Anti Korupsi.

“Berdasarkan evaluasi awal yang kami lakukan, kami simpulkan bahwa Kabupaten Kulon Progo layak kami lakukan observasi untuk pemenuhan indikator yang telah ditentukan,” katanya.

Program Kabupaten/Kota Anti Korupsi merupakan program berkelanjutan KPK RI dengan tujuan mengimplementasikan nilai-nilai integritas anti korupsi sampai lapisan masyarakat paling bawah. Harapannya, indikasi perbuatan tindak pidana korupsi dapat ditekan seminimal mungkin.

Sedangkan Dandim 0731/Kulon Progo menyambut baik dan mendukung jika Kulon Progo menjadi salah satu daerah yang bisa sebagai contoh anti korupsi. Dengan begitu, maka daerah akan menjadi maju dan masyarakat sejahtera. (Muhiz)