Dandim Pasuruan : Melalui Persami Saka Wira Kartika Terbentuk Karakter Pramuka yang Resilien, Mandiri,Siap Menjadi Pemimpin di Masa Depan

PASURUAN|
Dalam rangka memperkuat keterampilan dan jiwa kepemimpinan generasi muda, Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh Noor Iskak, S.T bersama kontingen Pramuka Pasuruan mengikuti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Saka Wira Kartika yang diadakan di Coban Talun, Kota Batu Malang. Sabtu (03/02/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam membina dan mengembangkan potensi anggota Pramuka, khususnya Saka Wira Kartika di wilayah Kodam.

Persami Saka Wira Kartika di Coban Talun ini mengumpulkan ratusan anggota Pramuka dari berbagai daerah untuk mengikuti serangkaian kegiatan pembinaan yang intensif.

Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh Noor Iskak, S.T , menyampaikan harapannya agar kegiatan ini bisa menjadi media pembelajaran yang efektif bagi para peserta dalam mengasah keterampilan, baik fisik maupun mental.

“Kami berharap Persami ini dapat menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan generasi muda yang tangguh, berdisiplin,dan memiliki kepemimpinan yang kuat. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk belajar,bertukar pengalaman,dan meningkatkan kemampuan dalam berbagai aspek,”ujar Dandim 0819.

Kegiatan dalam Persami ini mencakup berbagai macam latihan dasar kepramukaan, seperti PBB (Peraturan Baris Berbaris), survival,navigasi darat, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K),dan keterampilan lain yang mendukung. Selain itu, terdapat pula sesi pembelajaran tentang nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air yang menjadi inti dari pembinaan karakter anggota Saka Wira Kartika.

Peserta Persami juga dihadapkan pada tantangan-tantangan yang dirancang untuk menguji kekompakan tim, kemampuan adaptasi, dan kecerdasan dalam mengatasi masalah. Melalui kegiatan ini, diharapkan terbentuk karakter anggota Pramuka yang resilien, mandiri, dan siap menjadi pemimpin di masa depan.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika di Coban Talun ini mendapatkan dukungan penuh dari Kodam dan kerjasama dengan pemerintah daerah serta lembaga pendidikan. Dengan adanya dukungan tersebut, program pembinaan Pramuka, khususnya bagi Saka Wira Kartika, diharapkan akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan karakter generasi muda Indonesia,” Tandasnya