Dankodikopsla Resmi Tutup Dikmatra-1 dan Dikaplikasi-1 TNI AL TA 2024

TNI AL192 Dilihat

TNI AL. Kodiklatal, Surabaya, 05 April 2024, —

Komandan Kodikopsla (Dankodikopsla) Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah memimpin Upacara Penutupan Dikmatra-1 dan Dikaplikasi-1 TNI Angkatan Laut TA 2024, bertempat di Gedung Betelgeuse Kodikopsla Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Jumat (05/04/2024).

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Pendidikan Matra-1 merupakan Pendidikan setara Diskpespa TNI AL bagi Perwira yang sebelumnya telah mengikuti Pendidikan Militer setingkat Dikspespa di luar TNI AL baik di dalam maupun di luar negeri”, kata Dankodikopsla dalam amanatnya.

Sedangkan Pendidikan Aplikasi-1 merupakan Pendidikan setara Dikspespa TNI AL bagi Perwira yang sebelumnya telah mengikuti Pendidikan S-1 di Perguruan Tinggi baik di dalam maupun luar negeri sesuai dengan kebijakan Pimpinan TNI AL. Pendidikan ini telah dilaksanakan di Sefung Pusdiklapa yang diikuti oleh 37 Perwira berbagai Korps terdiri dari 34 orang Dikmatra dan 3 orang Dikaplikasi yang dinyatakan Lulus 100%.

Adapun tujuan Pendidikan adalah mendidik dam membekali Perwira TNI AL menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang Profesional Matra Laut yang akan bertugas sebagai Kadiv di KRI, Komandan Kompi di Batalyon Marinir, Kaur di Mabesal serta Jabatan Setingkat di organisasi TNI AL.

“Dengan berbekal berbagai ilmu dan keterampilan yang telah didapat selama ini, saya berharap nantinya para Perwira dapat mengaplikasikan secara optimal di tempat penugasan masing-masing. Selesaikanlah tugas dan kepercayaan yang telah diamankan dengan penuh tanggung jawab, tulus, ikhlas dan tuntas”, pesan Kolonel Muhammad Iwan Kusumah.

Tampak hadir, Wadan Kodikdopsla Kodiklatal, para Danpusdik dan Kadep serta Dansekolah di jajaran Kodikopsla Kodiklatal.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.