Dankolatmar, “Jadilah Pelatih Yang Handal, Bermanfaat Dan Bertanggung Jawab “

Marinir, TNI AL41 Dilihat

Okebung

TNI AL, Kormar (Surabaya) – Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir I Made Sukada secara resmi menutup Kursus Standarisasi Pelatih Kesenjataan Kolatmar Kejuruan Altileri dan Kavaleri Korps Marinir TNI AL TA 2022, bertempat di Gedung Olah Yudha Puslatpasrat, Gunungsari, Surabaya, Jumat (02/12/2022).

Kursus Standarisasi Pelatih Kesenjataan Kolatmar Ta. 2022 ini telah dilaksanakan selama 2 Minggu di Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat) dengan diikuti sebanyak 101 prajurit pelatih Kolatmar kejuruan Artileri dan Kavaleri Korps Marinir.

Sebelum upacara penutupan, para peserta memaparkan materi yang telah diterima selama kursus sebagai uji kompetensi dengan mengundang Instruktur (Narasumber) dari Resimen Artileri (Menart) dan Resimen Kavaleri (Menkav). Paparan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para peserta mampu menyerap materi yang telah diberikan oleh para Instruktur dan mengimplementasikan saat menjadi pelatih maupun penilai.

Dalam amanatnya, Dankolatmar yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan, bahwa organisasi Korps Marinir akan terus dikembangkan seiring dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang terus bergerak cepat dan dinamis, demikian juga dengan tugas pokok Korps Marinir ke depan yang semakin luas. Maka dari itu, setiap prajurit Kolatmar dalam melaksanakan kepelatihan harus mampu sebagai penilai latihan jajaran Korps Marinir, serta wajib memiliki bekal standarisasi pelatih, itu merupakan sarana untuk menyamakan persepsi di lapangan.

Mengakhiri amanatnya, Dankolatmar mengucapkan terimakasih dan penghargaan yg tinggi kepada peserta kursus yg telah melaksanakan kursus ini dengan baik, sungguh – sungguh dan disiplin.

” Saya berharap kalian terus mengisi diri agar kalian mampu tampil sebagai sosok prajurit pelatih yg handal, bermanfaat dan bertanggung jawab”, pesannya.

Dankolatmar berharap semua peserta baik itu Perwira, Bintara, maupun Tamtama harus bisa menyerap serta memberikan materi dengan baik, sehingga kedepan siap dan mampu melaksanakan penilaian, mengevaluasi Uji Nilai Perorangan Dasar (UNPD), Uji Nilai Perorangan Kesenjataan (UNPK) dan Uji Nilai Satuan (UNS) sesuai dengan Petunjuk Lapangan Materi Latihan (Jukmatlat) yang dilaksanakan oleh satuan tempur jajaran Korps Marinir”, Pungkasnya.

Hal ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.