DANKORMAR HADIRI UPACARA PENYAMBUTAN SATGAS PELAYARAN MUHIBAH/PORT VISIT KE GAZA

Marinir, TNI AL278 Dilihat

Dispen Kormar, TNI Angkatan Laut, (Jakarta). Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi,S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dalam upacara penyambutan Satgas Pelayaran Muhibah/Port Visit ke Mesir TA. 2024 pada misi kemanusiaan bagi rakyat yang terdampak konflik di wilayah Gaza Palestina, dengan menggunakan Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang diberangkatkan pada bulan Januari tahun 2024. Upacara penyambutan bertempat di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jumat (15/03/2024).

Berlangsung selama 57 hari dari awal keberangkatan Satgas Pelayaran Muhibah/_Port Visit_ ini, yang dilepas langsung keberangkatannya oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo di Dermaga Kolinlamil pada tanggal 18 Januari 2024. Memulai pelayaran dari Jakarta menuju Al Arish di Mesir, yang berbatasan dengan Rafah di Gaza hingga kembali lagi ke tanah air.

Dalam upacara penyambutan yang dilaksanakan dengan penuh hikmat, bertepatan pelaksanaan puasa Ramadhan 1445 H. Panglima TNI sangat bangga, berucap syukur dan antusias menyambut kedatangan para personel yang tergabung dalam satgas. Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Santi Dharma kepada personel satgas oleh Panglima TNI menjadi inti acara sebagai bentuk penghormatan, dedikasi, loyalitas terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Upacara penyambutan ini menjadi momen bersejarah yang menunjukkan sinergi dan kekompakan antara TNI, khususnya TNI Angkatan Laut dalam menjalankan tugas kemanusiaan di tengah-tengah konflik yang terus berkecamuk di Gaza. “Semoga kehadiran Satgas kemanusiaan ini dapat memberikan bantuan kepada yang membutuhkan pada masyarakat di Gaza”, ujar Panglima TNI.

Perlu diketahui KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 dilengkapi dengan personel terlatih dari Pasukan Khusus Intai Amfibi (Taifib), Detasemen Jalamangkara (Denjaka), yang merupakan representasi kekuatan dan keterampilan luar biasa dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Kehadiran mereka dalam Satgas Muhibah/_Port Visit_ ini menjadi bukti komitmen Indonesia dalam mendukung perdamaian dan stabilitas di tingkat regional maupun internasional, sebagai Dansatgas Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji.

Hadir dalam Upacara Penyambutan ini Kepala Duta Besar Mesir, Ketua Baznas, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Wakasau Marsekal Madya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M, Wakasal Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, Wakapolri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. , Dankorps Brimob Komjen Pol. Drs. Imam Widodo, M.Han. dan jajaran Pejabat Utama TNI lainnya.