Danlanal Semarang Bersama Forkopimda Kota Semarang Cek Kesiapan Infrastruktur Mudik Tahun 2024

TNI AL304 Dilihat

SEMARANG|
Menjelang mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr. Hanla., M.A.P. bersama Walikota Semarang Ibu Dr. Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos. dan Forkopimda Kota Semarang mengecek kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana Kota Semarang yang akan dilalui pemudik. (05/04/2024).

Pengecekan infrastruktur mudik ini bertujuan untuk mengantisipasi jumlah pemudik yang diprediksi pemerintah akan meningkat dari tahun sebelumnya. Diperkirakan para pemudik tertinggi akan menggunakan jalur darat baik itu kereta api, bus, maupun mobil pribadi.

Kegiatan pengecekan kesiapan pos pengamanan terpadu, infrastruktur dan sarpras mudik ini dimulai dari pengecekan jalan Tol Kalikangkung Semarang, pengecekan di Bandara Ahmada Yani Semarang, pengecekan di Stasiun Tawang Semarang, dan berakhir di Kota Lama Semarang.

Walikota Semarang berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Forkopimda untuk berfokus pada arus lalu lintas di fase mudik dengan memetakan daerah yang rawan kemacetan dan penataan arus mudik keluar jalan tol serta jalan biasa.

Sedangkan Danlanal Semarang menerangkan “selain mudik melalui jalur darat, pemudik juga banyak yang melalui jalur laut salah satunya menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh-593 yang disediakan oleh TNI AL seperti yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. Mudik Gratis rute Jakarta – Semarang – Surabaya yang baru saja diberangkatkan tadi pagi dari Jakarta pukul 07.30 WIB, akan tiba di Semarang pukul 10.00 WIB dan tiba di Surabaya pukul 12.30 WIB”.

“Kita Lanal Semarang juga akan membantu menyiapkan perbantuan pengamanan khususnya di jalur laut, karena kegiatan illegal, kriminal dan penyelundupan di laut biasanya dimanfaatkan pelaku kejahatan pada saat momentum libur panjang, khususnya pada saat masyarakat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri sehingga cegah dini dan deteksi dini kegiatan melanggar hukum khususnya di laut dapat diantisipasi dan diatasi,” ungkap Danlanal Semarang.