Danlantamal IX Berikan Wawasan Potensi Maritim Kepada Mahasiswa Unpatti Kepulauan Aru

TNI AL530 Dilihat

OKEBUNG|
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., memberikan edukasi dan pemahaman tentang Peran TNI Angkatan Laut Dalam Ketahanan Nasional khususnya di Provinsi Maluku, Selasa (22/11/2022)

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan target pemberian wawasan dan pemahaman kepada generasi muda Maluku yang berada di Kepulauan Aru. “Kepulauan Aru juga merupakan wilayah kerja dari Lantamal IX Ambon dalam hal ini adalah Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Aru,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut Danlantamal IX Ambon juga menjelaskan tugas pokok dan fungsi serta peranan TNI Angkatan Laut dalam Ketahanan Nasional khususnya di perairan Maluku. “Tentunya hal ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi generasi muda yang kelak akan memegang tampuk kepemimpinan harus paham betul serta mengerti seperti apa peranan TNI khususnya TNI Angkatan Laut di Negara Kepulauan seperti Indonesia ini,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa TNI Angkatan Laut memiliki peranan penting terhadap stabilitas ketahanan nasional dalam sektor maritim atau kelautan, baik dari segi roda perekonomian dan sektor kemaritiman maupun tentang ketahanan nasional yang harus kita jaga bersama. “Hal ini tentunya selaras dengan Visi dan Misi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Yudo Margono bahwa TNI Angkatan Laut sebagai lembaga dan institusi yang selalu siap dalam menjaga wilayah Yuridiksi Nasional Perairan Indonesia,” ungkapnya.

Pada acara tersebut, Danlantamal IX Ambon didampingi oleh Asisten Personel (Aspers) Danlantamal IX dan juga Paban Renpuan Potensi Maritim Lantamal IX Ambon yang bersama-sama memaparkan bagaimana pentingnya generasi penerus mengerti dan memahami tugas dan fungsi TNI dan TNI Angkatan Laut pada khususnya. (Dispen Lantamal IX/Ambon)