Danlantamal V Dampingi Kasal Serahkan Bantuan Kemanusiaan Gempa Bumi Bawean Tuban

TNI AL373 Dilihat

TUBAN|
Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S. H., M. Han., mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S. E., M.M. M. Tr. Opsla., menyerahkan Bantuan Kemanusiaan Gempa Bumi Bawean dan Tuban. Sabtu (30/03/2024)

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Laut (TNI AL) terhadap masyarakat yang tertimpa bencana gempa, adapun bantuan yang diberikan berupa pakaian, makanan, selimut, susu, air mineral, biskuit, mie instan, pembalut wanita, pampers bayi/anak, makanan bayi, obat-obatan, dan barang-barang lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak gempa.

“Ada ribuan paket bantuan yang kami salurkan kepada korban gempa bumi di Tuban dan Bawean, karena dua daerah ini menjadi daerah yang terdampak gempa bumi,” ucap Kasal Laksamana TNI Dr Muhammad Ali.

Selain pemberian bantuan kemanusiaan juga dilaksanakan kegiatan bakti kesehatan seperti pengobatan umum dan gigi gratis kepada masyarakat sekitar dari personel kesehatan TNI AL, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

Tercatat kerusakan yang diakibatkan oleh gempa baik di Tuban dan Pulau Bawean diantaranya yaitu 63 fasilitas pendidikan, 5 rumah sakit, 88 rumah ibadah, 8 gedung, 4.679 rumah dilaporkan rusak (774 rusak berat, 1.332 rusak sedang dan 2.573 rusak ringan) serta ribuan orang mengungsi akibat gempa Tuban dan Bawean.