Danpasmar 2 Ikuti FGD Konsep Bertempur Korps Marinir

Marinir, TNI AL188 Dilihat

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar (Sidoarjo). Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Konsep Bertempur Korps Marinir secara virtual di Puskodalops Mako Pasmar 2, Kesatrian Marinir Moekijat, Gedangan, Sidoarjo. Kamis (28/03/2024).

FGD Bertempur Korps Marinir dibuka langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., di Gedung Graha Marinir Mako Kormar, mengusung tema “Konsep Bertempur Korps Marinir Dalam Mewujudkan Pertahanan Laut Nusantara Yang Handal Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Nasional Guna Melaksanakan Tugas Operasi Militer Perang”.

Pada kesempatan tersebut Dankormar mengatakan bahwa tujuan kegiatan FGD adalah agar tim Pokja atau tim perumus bertempur Korps Marinir mendapatkan saran, tanggapan, dan masukan serta mewujudkan pemahaman tentang implementasi strategi pertahanan nusantara yang disesuaikan dengan kondisi alutsista dan personil, manfaatkan sumber daya nasional maupun dengan memadukan antara kekuatan SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu) dan terciptanya interoperabilitas dengan matra darat maupun matra udara.

Lebih lanjut, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sifat dan karakteristik konsep bertempur telah mengalami pergeseran dari konsep peperangan konvensional yang menguatkan kekuatan militer menjadi konsep peperangan nonkonvensional, seperti ancaman siber, perang informasi dan serangan asimetris, dimana kedua pihak kekuatan tidak saling bertemu langsung di medan peperangan.

“Jadikan forum ini untuk ajang silaturahmi dan sarana untuk menyatukan visi dan misi serta berkolaborasi dalam mewujudkan pertahanan laut nusantara yang handal serta dapat menghasilkan konsep-konsep strategis baru yang dapat menjawab tantangan kita ke depan”, pungkasnya.