Danpuslatpurmar 3 Grati; Kembali Ke Khittah Dan Marwah Sebagai Prajurit Pasukan Pendarat Amphibi

Marinir, TNI AL38 Dilihat

Okebung

(Pasuruan) – Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Danpuslatpurmar) 3 Grati Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan S.H., M.A.P., M.Han., memberikan jam Komandan kepada segenap Prajurit, bertempat di kelas lapangan Puslatpurmar 3 Grati Pasuruan, Jumat (02/12/2022).

Kegiatan Jam Komandan ini dilaksanakan sebagai bentuk sarana untuk berkomunikasi dengan prajurit, memberikan semangat, motivasi serta mengetahui secara langsung kondisi prajurit pelatih Marinir Grati, hal ini selaras dengan perintah harian kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipannya,” Bangun sumber daya manusia yang unggul dan Profesional serta tangguh menghadapi ancaman”.

Ada beberapa pesan dan arahan Danpuslatpurmar 3 Grati yang diuraikan dalam kegiatan jam komandan tersebut, diantaranya : arahan bidang Pengamanan, Operasi dan latihan serta arahan bidang Personel.

Bidang Pengamanan Danpuslatpurmar 3 Grati menyampaikan kepada anggota untuk pandai membaca situasi di musim bencana ini, jaga kesehatan pribadi dan keluarga dengan menjaga pola hidup ( pola makan makanan bergizi, olahraga teratur dan istirahat cukup), menjaga faktor keamanan pribadi, keluarga dan satuan serta patuh dalam berlalu lintas dengan melengkapi surat-surat kendaraan bermotor untuk menghindari segala bentuk pelanggaran disiplin maupun pidana.

Bidang Operasi dan latihan orang nomor satu di Puslatpurmar-3 Grati menekankan agar setiap prajurit kembali ke khittah dan marwahnya sebagai Prajurit Pasukan Pendarat Amphibi, yang mempunyai
kemampuan dasar Prajurit meliputi menembak, lari, renang dan selalu mengasah ketrampilan selaku prajurit Marinir serta meningkatkan pengetahuan umum lainnya.

Selanjutnya Danpuslatpurmar-3 Grati menekankan anggota yang terlibat pelatih dan pelaku Kursus Pelatih Operasi darat (Opsrat) dan Operasi Amphibi (Opsfib) serta Latihan penyiapan Pra Satgas Ambalat yang akan berlangsung di daerah Latihan (Rahlat) TNI AL Grati agar menyiapkan diri semaksimal mungkin dengan belajar dan menguasai materi yang akan dilatihkan ke peserta kursus atau Prasatgas.

Bidang Personel alumni AAL 47 ini menekankan Prajuritnya selalu menjaga pola hidup, membina keluarga dengan baik dan bisa mengatur ekonomi keuangan keluarga, hindari pola hidup boros serta jauhi hedonisme, sesuaikan kebutuhan dan kemampuan sehingga tidak memaksakan diri secara finansial,” pungkasnya.