Danrem 072/Pamungkas Beri Ucapan Selamat kepada Wisudawan Perwira Penerbang

OKEBUNG | Upacara Wisuda Sekolah Penerbang (Sekbang) angkatan ke-101 dan Sekolah Penerbang Pesawat Terbang Tanpa Awak (Sekbang PTTA) angkatan ke-4 dihadiri Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Puji Cahyono, Rabu (11/1/2023).

Upacara wisuda tersebut digelar di lapangan Jupiter Lanud Adisucipto, Yogyakarta dengan Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memberikan ucapan selamat kepada 37 Perwira wisudawan. Ucapan disampaikan karena mereka berhasil menuntaskan pendidikan sekolah penerbang dengan hasil yang sesuai harapan.

Secara khusus apresiasi diberikan kepada Letda Pnb M. Ervin Adamy sebagai wisudawan terbaik jurusan fixed wing, Letda Pnb Arbiansyah M. Rasyed wisudawan terbaik jurusan rotary wing dan Letda Pnb Alwi Surya Muhammad wisudawan terbaik jurusan PTTA.

“Wingday merupakan momentum awal pengabdian seiring tantangan tugas ke depan semakin kompleks, maka seluruh wisudawan harus terus mengasah dan mempersiapkan diri semakin baik karena menjadi seorang penerbang Angkatan Udara harus siap menghadapi berbagai konsekuensi profesi yang menanti di setiap langkah pengabdian,” ujar Kasau.

Menurut Kasau, TNI Angkatan Udara (TNI AU) akan dilengkapi dengan berbagai alutsista modern. Diantaranya, jet tempur generasi terbaru hingga pesawat tanpa awak berteknologi tinggi.

Alutsista yang baru inilah akan diawaki oleh para penerbang muda untuk menjaga angkasa bumi pertiwi dengan selalu memegang teguh prinsip Airmanship.

“Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Komandan, para pelatih dan seluruh staf jajaran Kodiklatau Lanud Adisucipto, karena keberhasilan pendidikan Sekolah Penerbang dan Sekolah Penerbang PTTA tidak terlepas dari kerja keras kalian,” ucap Kasau.

Sementara itu, Brigjen TNI Puji Cahyono mengucapkan selamat kepada 37 Perwira wisudawan yang telah selesai melaksanakan pendidikan Sekolah Penerbang dan Sekolah Penerbang PTTA di Kodiklatau Lanud Adisucipto.

“Saya ucapkan selamat. Semoga dengan jerih payah, pengorbanan dan perjuangan para Perwira wisudawan mendapat bekal untuk menunaikan tugas dan pengabdian dimasa depan,” kata Danrem 072/Pamungkas.

Wisuda Sekbang Angkatan ke-101 dan Sekbang PTTA Angkatan ke-4 diakhiri dengan acara tambahan seperti penyematan Wing Penerbang oleh keluarga wisudawan, penampilan teatrikal oleh para wisudawan dan demo udara serta sesi foto bersama.

Acara ini dihadiri, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X, Dansesko TNI Marsdya TNI Diyah Yudarnadi, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tonny Harjono, Danpaspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Hadir pula Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Naenggolan, Danlanud Ads Marsma TNI Azhar Aditama dan Danlanal DIY Kolonel Laut (KH/W) Damayanti. (Penrem072PMK/Muz)