Danrem 072/Pamungkas Hadiri Opening Ceremony Yobbana Dhamma Samaya 2022

OKEBUNG | Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono mewakili Pangdam IV/Diponegoro menghadiri acara Opening Ceremony Yobbana Dhamma Samaya 2022, dengan tema “Melalui Yobbana Dhamma Samaya, Kita Tingkatkan Moderasi Beragama Untuk Mewujudkan Pemuda-Pemudi Yang Cerdas, Mandiri, dan Toleran”.

Acara ini digelar di Prambanan Convention Hall Hotel Puri Asri, Jalan Cempaka, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Rabu, (16/11/2022).

Opening Ceremony Yobbana Dhamma Samaya 2022 dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kemenag RI, Supriyadi didampingi para pejabat menekan tombol sirine dan dilanjutkan dengan persembahan tarian kreasi Buddhis.

Ketua Panitia Kasan, S.Ag dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan Yobbana Dhamma Samaya Yobbana Dhamma Samaya dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 15 hingga 18 November 2022 dengan materi tentang Moderasi Beragama, pembekalan Bela Negara, pengembangan diri pemuda Buddhis, motivasi Pemuda dan praktik pradaksina di Candi Borobudur Magelang.

“Kegiatan Yobbana Dhamma Samaya tahun ini diikuti oleh 34 Provinsi dari seluruh wilayah Indonesia dengan peserta masing masing Provinsi sebanyak 7 orang serta Pemuda Lintas Agama sejumlah 50 orang,” jelasnya.

Yobbana Dhamma Samaya merupakan ajang pertemuan bagi muda mudi Budhis untuk belajar bersama tentang ajaran Buddha dan lainnya yang di kemas dalam bentuk kegiatan kebersamaan guna menjalin kerukunan, saling berbagi pengalaman, meningkatkan keterampilan dan wawasan serta sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dan peran para pemuda-pemudi Buddhis.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kemenag RI, Supriyadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Yobbana Dhamma Samaya Tahun 2022.

Yobbana Dhamma Samaya Tahun 2022 mempunyai arti penting dalam rangka pembaharuan dan pembangunan bangsa. Pemuda pemudi Buddhis mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis sehingga perlu dikembangkan potensi dan perannya melalui penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan sebagai bagian dari pembangunan nasional;

“Kegiatan ini juga dijadikan sebagai wahana pertemuan bagi para pemuda pemudi Buddhis dari seluruh Indonesia guna menjalin kerukunan, saling berbagi pengalaman, meningkatkan keterampilan wawasan. Kiranya kegiatan semacam ini dapat terus berlangsung dan dapat berlanjut ke depannya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Jateng diwakili Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jateng AKBP Maulud, S.Ag, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, Danrindam IV/Diponegoro diwakili Dansecaba Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf Eddy Lallo, Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi S. Sos, M. Tr (Han) diwakili Danramil 01/Magelang Tengah Mayor Inf Yakobus Totok Kartono, para pejabat Kemenag RI dan Forkopimda Magelang. (Muz)

Sumber : Penrem 072/PMK