Danrem 072/Pamungkas Beri Ucapan Selamat ke Danlanud Adisutjipto

OKEBUNG | Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono, SIP, M.Si bersama Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Dip Ny Alis Puji Cahyono menghadiri acara tradisi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danlanud Adisutjipto dari Marsma TNI Azhar Aditama, S.Sos, MM, M.Han kepada Marsma TNI Dedy Susanto, SE.

Acara tradisi sertijab ini bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dankodiklatau Marsdya TNI Ir Tedi Rizalihadi S, MM di Lapangan Jupiter Lanud Adisujtipto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (24/1/2023).

Dankodiklatau Marsdya TNI Ir Tedi Rizalihadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur AAU, pejabat Forkopimda DIT, serta para tamu undangan yang telah berkenan hadir memenuhi undangan dalam rangka sertijab Komandan Lanud Adisutjipto.

Danrem 072/Pmk beri ucapan selamat kepada Danlanud Adisucipto DIY diacara Sertijab. (Ft. Penrem072/Muiz)

Lebih lanjut, Dankodiklatau menyampaikan seiring dinamika perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks, TNI Angkatan Udara dituntut untuk adaptif terhadap berbagai perubahan agar memiliki keunggulan kompetitif di tengah persaingan global. Selain itu, dapat menjawab melalui penyiapan generasi penerus yang senantiasa siap untuk menghadapi tantangan ke depan dan perubahan zaman.

“Untuk itulah, serah terima jabatan ini kita laksanakan guna beradaptasi dengan tantangan tugas serta untuk memenuhi kebutuhan organisasi TNI Angkatan Udara yang semakin kompleks, sehingga akan lahir berbagai inovasi dan upaya perbaikan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Lanud Adisutjipto sebagai satuan pelaksana Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Udara yang bertugas melaksanakan pembinaan dan pengoperasian pendidikan seluruh satuan dalam jajarannya, melaksanakan pembinaan Jupiter Aerobatic Team (JAT), pembinaan pendidikan awak PTTA dan pembinaan minat kedirgantaraan.

Selain itu, Lanud mendukung kegiatan operasi udara dan melaksanakan pembinaan satuan jajaran di bawahnya, serta melaksanakan fungsi-fungsi kewilayahan. Khususnya, menjadikan Lanud Adisutjipto sebagai satuan yang sangat strategis dalam penyiapan sumber daya TNI Angkatan Udara yang unggul, berkarakter dan profesional.

“Lanud Adisutjipto harus melakukan perubahan ke arah kemajuan yang lebih baik dari waktu ke waktu, guna menghasilkan hasil didik yang unggul, berkarakter dan profesional,” katanya.

Dikatakan, Kepala Staf Angkatan Udara menekankan bahwa Kodiklatau menjadi leading sector dalam membentuk mindset serta meningkatkan kecakapan sumber daya manusia Angkatan Udara melalui pengelolaan pendidikan. Sumber daya manusia TNI Angkatan Udara yang unggul, berkarakter dan profesional merupakan salah satu aset penting guna mewujudkan TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Dip turut memberi ucapan selamat kepada isteri Danlanud Adisucipto DIY. (Ft. Penrem072/Pmk/Muz)

Oleh karena itu, kepada seluruh personel Lanud Adisutjipto untuk terus berbuat yang terbaik dalam setiap pelaksanaan tugas, sesuai dengan bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing. Setiap personel harus memiliki kemauan, tekad dan komitmen yang kuat untuk dapat melaksanakan setiap tugas yang dipercayakan kepada Lanud Adisutjipto secara profesional.

“Saya menilai peran dari Komandan Lanud Adisutjipto merupakan peran yang krusial dan sangat menentukan dalam membentuk dan mendidik calon-calon penerbang maupun navigator, sehingga kehadiran seorang Komandan membutuhkan karakter kepemimpinan dan keteladanan yang inspiratif dan inovatif,” pungkasnya.

Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono mengucapkan selamat dan sukses kepada Marsma TNI Dedy Susanto selaku Danlanud Adisutjipto yang baru semoga ke depannya TNI AU semakin jaya.

“Kepada Marsma TNI Azhar Aditama saya ucapkan terimakasih atas kerjasama dengan Korem 072/Pamungkas selama ini dan selamat bertugas sebagai Dirdok Kodiklatau,” ucap Danrem.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Naenggolan, Ka RSPAU Harjolukito dr. Mukti Arja Berlian, GM PT Angkasa Pura 1 Marsma TNI Agus Pandu Purnama, Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Setyawan Hartono dan Ketua DPRD DIY Nuryadi. (Penrem072/PMK/Muiz)