Danrem 081/DSJ Pimpin Rakor Kesiapan Latgulbencal di Pacitan

Kodam Brawijaya18 Dilihat

OKEBUNG | Korem 081/DSJ siap menggelar Latihan Penanggulan Bencana Alam (Latgulbencal) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada 21 dan 22 November 2022.

Dipilihnya Pacitan menjadi lokasi diselenggarakannya latihan tersebut, bukan tanpa alasan. Mengingat kondisi geografis daerah yang terkenal dengan sebutan Kota 1.001 Goa itu sangat rawan terhadap bencana alam.

“Pacitan merupakan daerah yang berada di pesisir Pantai Selatan Jawa dan sebagian besar adalah pegunungan kapur dan dataran tinggi yang mengelilingi. Sehingga sangat rawan terjadi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan kekeringan,” kata Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto dalam Rakor kesiapan latihan yang digelar di Makodim 0801/Pacitan, Rabu (16/11/2022).

Selain latihan itu dapat dilaksanakan dengan baik, Danrem pun berharap, latihan itu akan
dapat mencegah sedini mungkin terjadinya bencana hidrometeorologi di Pacitan.

Senada dengan Dandim, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki yang memimpin Rakor juga mengungkapkan bahwa, secara umum kondisi di Jawa Timur juga sangat rawan terjadinya Bencal.

“Tak hanya di Pacitan, secara umum Provinsi Jawa Timur merupakan daerah yang rawan bencana alam, seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Dihadapkan kondisi faktual yang terjadi saat ini dan untuk menjawab tantangan tugas, Pamen TNI AD itu menekankan, Korem 081/DSJ beserta segenap jajarannya dituntut selalu proaktif guna membantu pemerintah daerah dalam mengatasi bencana alam.

Terkait latihan yang akan digelar mulai Senin depan, Danrem Kolonel Deni mengimbau, supaya dapat dipersiapkan dan dilakukan secara maksimal, agar tujuan dan sasaran latihan dapat tercapai.


Sementara itu, Asisten 1 Bidang Kesra Rudi Hariyanto mewakili bupati mengungkapkan, Pemkab Pacitan siap mendukung guna terselenggaranya latihan tersebut.

“Pemkab Pacitan akan siap mendukung dan berkoordinasi yang baik, sehingga nantinya latihan penanggulangan bencana alam yang dilakukan dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar,” bebernya.

Selain dihadiri oleh Forkopimda dan berbagai instansi terkait penanggulangan bencana di kabupaten Pacitan, Rakor itu juga tampak diikuti oleh Dandim 0802/Ponorogo, Dandim 0803/Madiun dan Dandim 0806/Trenggalek.

Untuk pelaksanaannya nanti, selain diikuti oleh personel dari instansi yang hadir dalam Rakor tersebut, latihan itu juga akan melibatkan Satdisjan di jajaran Korem 081/DSJ. (Muiz)

Sumber : Penrem 081/DSJ