Danseskoau: Peran Komandan Menentukan Capaian Keberhasilan Tugas

TNI AU742 Dilihat

OKEBUNG|
Peran seorang Komandan dalam satuan sangatlah penting dan didukung karakter yang kuat dalam menjalankan kepemimpinannya maka akan menentukan pencapaian keberhasilan tugas.

Hal tersebut disampaikan Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Seskoau Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., M.Han., pada Upacara Pembukaan Kursus Komandan Satuan (Susdansat) TNI Angkatan Udara TA 2022 di Gedung Widya Mandala II, Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Senin (21/11/2022).

Dikatakan bahwa kualitas seorang Komandan tidak hanya berupa profesional dibidangnya saja, melainkan moral yang tinggi, mematuhi aturan yang berlaku, dan memiliki karakter yang kuat, sehingga kepemimpinannya menjadi teladan serta dapat menginspirasi anak buah untuk dapat berbuat yang terbaik bagi satuannya.

Di era globalisasi, lanjut Wadan Seskoau membacakan sambutan Danseskoau, seorang Komandan harus peka dan adaptif terhadap setiap perubahan yang terjadi agar dapat terus memberikan dampak yang baik bagi kesatuan.

Melalui kursus ini, katanya, akan memberikan pembekalan bagi peserta kursus yang merupakan Komandan dan calon Komandan agar dapat melaksanakan tanggung jawabnya secara efektif, efisien, dan terarah dalam mendukung tugas.

“Ikuti kursus ini dengan sebaik-baiknya, penuh semangat, bersungguh-sungguh, dan tetap fokus agar hasil kursus ini dapat turut mendukung keinginan pimpinan dalam mewujudkan TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan,” jelasnya.

Kurang lebih selama dua minggu ke depan, sebanyak 25 peserta kursus akan menerima pembekalan mengenai pengetahuan, keterampilan, manajerial, dan akuntabilitas kinerja. Selain itu, juga diberikan materi yang berkaitan dengan bidang kepemimpinan, inspektorat, perencanaan, operasi, pengamanan, personel, logistik, komlek, keuangan, bidang kewilayahan dan garnisun serta pengelolaan aset.