Dapatkan Hasil Yang Maksimal, Babinsa Dampingi Petani Pada Lahan Tanaman Tumpang Sari

OKEBUNG|
Pertambahan penduduk menyebabkan kebutuhan akan pangan meningkat baik macam maupun jumlahnya. Babinsa Koramil 09/Gunung Talang Kodim 0309/Solok, Peltu Yoni Efrizal melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) dibidang pertanian, tanaman tumpang sari.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pembersihan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman tumpang sari seperti tomat, cabai rawit, dan bawang, agar hama rumput tersebut tidak mengganggu tumbuh kembang tanaman.

Peltu Yoni Efrizal menyampaikan dalam perawatan tanaman ini bekerja sama dengan masyarakat binaan
bapak Andi dan bapak Dayat. Adapun perkembangan tanaman sekarang sudah memasuki umur 24 Minggu dari proses penanaman,” ujarnya.

Kegiatan budidaya tanaman tersebut bertempat di Jorong Koto Gadang Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Jumat, (13/1/2023).

Pola tanam tumpang sari adalah penanaman lebih dari satu tanaman pada waktu atau periode tanam yang bersamaan pada lahan yang sama.

Peltu Yoni Efrizal mengatakan penanaman beberapa jenis tanaman dalam system ganda merupakan satu usaha untuk meningkatkan hasil pertanian, dengan memperhatikan pemilihan kombinasi tanaman yang tepat, sehingga tidak menimbulkan medan persaingan antar tanaman yang ditumpangsarikan dalam hal mendapatkan radiasi matahari, air dan nutrisi yang akan berpengaruh pada pertumbuhan maupun hasil.

Lebih lanjut, penanaman tumpangsari memiliki kelebihan dibandingkan dengan monokultur antara lain, dapat meningkatkan produk total, meningkatkan pendapatan, dapat meningkatkan daya guna zat hara dalam tanah, dapat meningkatkan efisiensi penggunaan ruang dan cahaya, mengurangi gangguan hama, penyakit dan gulma serta  mengurangi  besarnya erosi.

“Dan pada sistem atau pola penanaman tumpang sari juga tidak memungkinkan terjadi faktor kekurangan, dengan demikian sebagai Babinsa bertugas untuk mendampingi para petani untuk membantu dalam mengolah lahan tanaman tumpang sari tersebut, agar mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkap Peltu Yoni Efrizal.