Darah Prajurit dan Persit Yoanarmed 11 Kostrad Mengalir di HUT ke-63 Kostrad

Kostrad144 Dilihat

OKEBUNG | Tahun 2024 ini, tak terasa pengabdian Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) sebagai salah satu pasukan dasar tempur yang dimiliki oleh TNI AD kepada Bangsa Indonesia telah memasuki usia 63 tahun.

Nah, dalam menyambut HUT ke-63 Kostrad tersebut, Yoanarmed 11 11/GG/2/2 Kostrad menggelar beragam kegiatan. Salah satu kegiatan yang menarik digelar Yoanarmed 11 Kostrad ini yakni mengadakan aksi donor darah.

Aksi donor darah yang dilaksanakan di Gedung Gedung Guntur Geni Jalan dr. Khoesen Hirohoesodo Selatan, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Kamis (29/2/2024) tidak hanya diikuti para prajurit.

Iya, anggota Persit Kartika Chandra Kirana di batalyon ini juga ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya melalui aksi donor darah.

Menurut Danyonarmed 11 Kostrad, Letkol Arm Gdhe Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem, donor darah dyang pihaknya laksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-63 Kostrad. Kegiatan sosial ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bidang penyediaan darah.

“Darah yang terkumpul dari kegiatan ini, akan kita sumbangkan kepada masyarakat melalui PMI Kota Magelang,” kata Danyon Armed 11 Kostrad.

Dikatakannya, donor darah ini semua peserta melalui pengecekan tensi yang akan melaksanakan donor darah dilanjutkan dengan pengambilan darah yang dilakukan oleh Tim Kesehatan yang sudah ada di lokasi kegiatan.

Bicara tentang donor darah kata Danyon tentu memiliki misi kemanusiaan, ditinjau dari segi kesehatan juga memiliki manfaat positif bagi pendonor antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius.

“Karena itulah, menyambut hari jadi ke-63 Kostrad kami turut hadir dan selalu mendukung agar dapat mengatasi kesulitan rakyat dengan berbagai kegiatan yang bermakna dan bermanfaat,” ujarnya.

Masih menurut Danyon Armed 11 Kostrad, kegiatan ini bentuk kontribusi positif TNI untuk masyarakat terutama Kota Magelang. Hal ini merupakan bukti nyata, TNI selalu berupaya untuk bisa berperan aktif dalam membantu masyarakat. Tentu, salah satunya dengan mendonorkan darah para prajurit dan Persit untuk mencukupi persediaan darah di Kota Magelang agar tidak terjadi kekurangan stok.

“Dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain, setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang. Mengingat manfaatnya sangat besar bagi pendonor, maka tumbuhkan motivasi dan kesadaran tinggi untuk melaksanakan donor darah secara rutin dan berkala,” kunci Danyon. (Muiz)