Dengan Cara Komsos Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Jalin Silaturahmi Dengan Perangkat Kelurahan

Korem 02217 Dilihat

Asahan  |  Bekerja sama Memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah binaan, maka dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Zainal Harifin turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) brsama dengan perangkat Kelurahan Kisaran Kota yang membahas tentang Antisipasi menghadapi masalah genangan air dimusim hujan, bersama dengan Bapak Isrok Pane (Lurah), Bapak Faisal (Kepling 2) dan Bapak Hadi (Kepling 4), kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Kisaran Kota Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, Rabu (16/11/2022).

Dengan turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Lurah dan perangkatnya dalam rangka Silaturahmi serta mengenai Antisipasi menghadapi masalah genangan air dimusim hujan, saat memasuki Musim hujan, setiap kali hujan deras beberapa wilayah mengalami genangan air yang menyebabkan banyaknya aktifitas warga yang terhambat, mengatasi hal tersebut dengan melakukan kajian terhadap pemanenan air hujan dengan sumur resapan. Dengan sistem pemanenan ini diklaim bisa menanggulangi banjir cukup signifikan.

Konsep panen air hujan ini adalah dengan mengalirkan air hujan yang jatuh ke permukaan atap melalui talang air untuk selanjutnya ditampung dalam bak penampungan dibawah tanah. Kemudian limpasan air yang keluar dari tangki penampung yang telah penuh itu disalurkan ke dalam sumur resapan yang meresapkan air hujan ke tanah. Proses panen air hujan ini sangat penting dilakukan pada daerah yang tinggi curah hujannya. Jika sistem pemanenan air hujan ini dilakukan secara masif tentu akan berdampak baik. selain terhindar dari genangan air, masyarakat juga akan mendapatkan sumber air bersih dan jumlah cadangan air tanah akan meningkat.