DENGAN RASA BANGGA PANGLIMA TNI SAMBUT KEDATANGAN KRI DR. RADJIMAN WEDYODININGRAT-992 DI DERMAGA KOLINLAMIL

TNI AL179 Dilihat

Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Maret 2024 ——- Dengan rasa bangga, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j).,M.A.,M.M.S., CHRMP beserta sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Kementrian Pertahanan RI, Mabes TNI, Mabes TNI AD, Mabes TNI AL, Polri, Duta Besar Mesir Untuk Indonesia dan Kolinlamil menyambut kedatangan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Port Visit Mesir 2024, Jumat (15/3) dalam sebuah Upacara Penyambutan yang dilaksanakan di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 tiba di tanah air setelah melaksanakan misi kemanusiaan pendistribusian bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza selama 50 hari pelayaran, dengan rute Jakarta – Belawan – Al Arish – Jeddah – Batam dan hari ini telah kembali ke Jakarta. Satgas Port Visit Mesir 2024 yang membawa total 214 personel serta bantuan kemanusiaan ini dikomandani oleh Komandan Satgas Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji dan selaku Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yaitu Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono. Bantuan yang didistribusikan berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan diserahkan kepada Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) yang diterima oleh perwakilan ERC Ahmed Buhaeri Ali di Pelabuhan El Arish untuk selanjutnya didistribusikan kepada korban konflik Gaza. Pengumpulan bantuan dari masyarakat Indonesia bagi korban konflik di Gaza ini dilaksanakan sejak awal bulan November 2023 lalu, dan terpusat di Komando Armada II Surabaya serta Komando Lintas Laut Militer Jakarta.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan, selamat datang di tanah air bagi KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 beserta 214 personil yang terlibat dalam misi kemanusiaan. Misi yang diberangkatkan oleh Menteri Pertahanan beserta Kepala Staf TNI Angkatan Laut pada tanggal 19 Januari 2024 ini, merupakan Implementasi dari tugas pokok TNI dalam operasi militer TNI selain perang, sebagaimana yang diamanatkan pada pasal 7 ayat (2) UU RI No 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia. Tugas kemanusiaan yang diemban KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yaitu memberikan pelayanan pengobatan dan pengiriman bantuan kemanusiaan seberat 242, 6 ton untuk warga Gaza serta melaksanakan tugas operasi selama 57 hari dengan menempuh jarak 10.983 nautical mile. Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan penganugerahan Satyalancana Santi Dharma dari Presiden RI kepada para prajurit TNI AL yang ikut serta dalam satuan tugas tersebut. (Dispen Kolinlamil).

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy