Deteksi Dini, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Hadiri Rapat Mediasi Penolakan Pembangunan Sarana Air Bersih Oleh Warga Desa Pangaribuan.

Dairi—–Musyawarah untuk mencari kata mufakat merupakan langkah awal menindak lanjuti suatu permasalahan di wilayah. Seperti yang dilaksanakan Sertu Jarlen Sinaga dan Sertu Junaidi Koto, Babinsa Koramil 04/Tigalingga yang menghadiri rapat mediasi terkait permasalahan penolakan pembangunan sarana air bersih untuk air minum oleh salah seorang warga Dusun satu Desa Pangaribuan yang berlangsung di Kantor Desa Pangaribuan Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi, Rabu, (22/11-2022)

Dalam Rapat mediasi permasalahan penolakan pembangunan sarana air bersih untuk air minum tersebut menghadirkan Camat Kecamatan Siempat Nempu Hulu Koko Angkat, Babinsa, Babinkamtibmas Polsek Tigalingga, Kapala Desa Pangaribuan, Tokoh Masyarakat dan seluruh perangkat Desa Pangaribuan.

Dalam kesempatan tersebut Sertu Jarlen Sinaga mengatakan, permasalahan penolakan pembangunan sarana air bersih untuk air minum oleh warga yang tanahnya akan ditanam pipa air seperti ini harus sesegera mungkin diselesaikan.” Karena sangat rentan dengan terjadinya perselisihan yang dapat menimbulkan keributan baik itu kelompok maupun perorangan,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengapresiasi pihak Kecamatan Siempat Nempu Hulu mengambil langkah dengan memfasilitasi rapat mediasi ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dari hasil mediasi tersebut menghasilkan bahwa salah seorang warga dusun satu Desa Pangaribuan bernama (NS) menolak pemasangan pipa air yang melewati tanah miliknya oleh pemerintah desa Pangaribuan, dan diminta untuk pemerintah desa Pangaribuan agar segera menjadwal ulang rapat dan menghadirkan warga yang menolak pembangunan sarana air bersih untuk air minum tersebut,

Ditempat terpisah Danramil 04/Tigalingga Kapten Arm L Situmorang Mengatakan Babinsa harus mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan.“Deteksi dini dan cegah dini, sehingga dapat membantu serta menyelesaikan setiap permasalahan yang ada,” Tutupnya. (Pendim Dairi/senapati)