DETEKSI DINI KONDISI KESEHATAN, PRAJURIT DAN PNS LAKSANAKAN URIKES RUTIN

TNI AL165 Dilihat

Berita Kolinlamil TNI AL, 05 Maret 2024 ——- Dinas Kesehatan (Diskes) Kolinlamil melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) prajurit jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) bertempat di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (05/03). Pemeriksaan kesehatan secara berkala ini digelar selama dua hari yakni 05-06 Maret diikuti kurang lebih 204 personil Kolinlamil dihari pertama yang dilaksanakan secara bertahap sesuai jadwal dari masing-masing satuan kerja.

Dalam hal ini Mayor Laut (K) drg Widy Sp.KG mewakili Kadiskes mengatakan bahwa Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) kali ini meliputi pemeriksaan BMI, Vital Sign, Lab Lengkap, Urin Lengkap, Gigi, THT, EKG pada seluruh personel Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang dilanjutkan dengan tes rontgen.

Urikes terhadap prajurit jajaran Kolinlamil ini sebagai penanda awal dimulainya pelaksanaan Urikes yang rutin setiap tahun dilaksanakan dalam rangka pengecekan kondisi kesehatan seluruh personel Kolinlamil demi mendukung tugas sehari–hari maupun tugas operasi. Hasil urikes juga merupakan salah satu syarat bagi personel yang bersangkutan untuk memenuhi persyaratan mengikuti pendidikan, penugasan, penempatan jabatan dan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP).

Lebih lanjut dikatakan bahwa salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Diskes TNI AL adalah uji pemeriksaan kesehatan atau urikes. Urikes bukan saja menjadi hak tetapi juga menjadi suatu kewajiban yang melekat pada diri setiap prajurit TNI. Tujuan dari urikes adalah untuk mengetahui sejauh mana status kesehatan, kekuatan dan kesiapan fisik seorang prajurit serta dapat mengetahui lebih dini bilamana terdapat gangguan kesehatan sehingga dapat dilakukan upaya-upaya preventif.

Besar harapan melalui pelaksanaan Urikes ini menjadi sarana kontrol upaya deteksi dini terhadap kondisi kesehatan prajurit dan PNS Kolinlamil. Dan apabila ada gangguan kesehatan dapat diambil tindakan tepat untuk penanganan dan perawatannya. (Dispen Kolinlamil).

#tniprima
#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy