Donor Darah, Anugerah Sehat dan Kehidupan

PALEMBANG|
Tidak hanya untuk membantu menyelamatkan jiwa, donor darah juga sebagai indikator kesehatan dan diberikan anugerah oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hal itu disampaikan Kapendam II/Sriwijaya, Kolonel Arh Saptarendra P, dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Jum’at (12/01/2024).

Kapendam mengungkapkan, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Pendam II/Swj di PMI Prov. Sumsel merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-73 Penerangan TNI AD.

“Hari ini Jumat (12/01/2024), seluruh personel Pendam II/Sriwjaya melaksanakan donor darah. Adapun tujuannya untuk membantu PMI dalam menyediakan stok darah bagi masyarakat,” ujar Kolonel Arh Sapta.

“Penyediaan darah saat ini termasuk vital khususnya bagi penderita penyakit tertentu. Sehingga dengan adanya donor darah ini setidaknya dapat membantu menambah stok darah di PMI Prov Sumsel,” ujarnya.

Lebih lanjut lulusan Akmil tahun 1996 ini katakan, dengan kriteria atau kualitas darah maupun kondisi kesehatan yang ditetapkan PMI maka pada dasarnya tidak semua orang bisa mendonorkan darah.

“Jadi, apabila kita dinyatakan bisa mendonor darah, maka itu juga sebagai indikator kesehatan kita yang baik, demikian juga sebaliknya, bagi mereka yang belum bisa mendonor darah maka harus introspeksi dalam membina kesehatan,” tandas Sapta.

“Ketika dapat diberikan kesempatan mendonor darah, maka kita harus bersyukur karena diberikan anugerah kesehatan dan juga berbagai harapan kehidupan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” sambung mantan Kasubdispenmedonline Dispenad itu.

Dari data yang ada, kata Sapta lebih lanjut, stok darah harian di PMI Prov Sultra masih fluktuatif pihak PMI melakukan donor darah mobil. dibutuhkan yaitu golongan darah A dan O.

“Dari PMI, untuk golongan darah yang paling banyak dibutuhkan yaitu A dan O. Oleh karena itu, mari kita semua menyempatkan untuk donor darah baik datang langsung ke PMI terdekat maupun bisa menghubungi PMI untuk donor darah,” terang Sapta.

“Saat ini PMI memiliki kendaraan donor darah yang bisa menjangkau beberapa wilayah atau pendonor tidak harus datang ke kantor PMI sehingga lebih mudah,” pungkas Kapendam.

Selaras dengan Sapta, Kepala Administrasi PMI Sumsel Apan Mirza, SKM., juga katakan pihaknya terus proaktif melakukan penyediaan donor darah yang diantaranya dengan mendorong kendaraan PMI supaya bisa menjangkau lebih luas.

“Terima kasih kepada Kodam II/Swj yang selama ini aktif membantu donor darah. Semoga dari kegiatan ini bisa berkelanjutan dan bermanfaat,” ujarnya.

Usai kegiatan donor darah, acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari PMI Prov Sumsel kepada Kapendam II/Swj.

Pendam Swj