Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Koptu Irwan Sambangi Petani Labu Air

Kodam IM20 Dilihat

OKE BUNG|

Aceh Timur – Labu merupakan tumbuhan yang relatif mudah ditanam karena tanaman ini mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, dengan masa panen yang cukup singkat yaitu 70-90 Hari.

Kesempatan kali ini Babinsa Koramil 06/Darul Aman Kodim 0104/Aceh Timur Koptu Irwan melaksanakan pendampingan kepada Mukhtar (53) seorang petani yang memanmaafkan lahan kosong dengan bercocok tanam Palawija jenis labu air, di Desa Keumuning Sa, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (18/01/2023).

Dalam pendampingannya Koptu Irwan memberikan penyuluhan untuk memperhatikan masalah utama budidaya labu air yaitu pertumbuhan gulma atau rumput liar yang bisa mengganggu serta pemberian pupuk dan penyemprotan hama yang harus rutin dilakukan.

Babinsa Irwan pada kesempatan tersebut menyampaikan, buah pada tanaman labu air merupakan salah satu buah yang sangat digemari masyarakat dan selain dikonsumsi sendiri Muhtar juga menjualnya ke pasar untuk menambah perekonomian keluarga.

“Sehingga dengan budidaya tanaman labu air ini selain memanfaatkan lahan kosong, juga dapat menghasilkan nilai ekonomi untuk keluarga”, kata Irwan.

Babinsa juga berharap kegiatan yang dilakukan oleh Muhtar dapat menjadikan contoh dan motivasi kepada masyarakat yang lain sehingga lahan yang tadinya kosong dapat dimanfaatkan menjadi lahan yang produktif dan menghasilkan ekonomi, harapan Babinsa.