Drama Persalinan Mama Sarce Maewa yang penuh perjuangan Dibantu oleh Personel Satgas Yonif 726/Tml

Merauke – Kehadiran prajurit TNI di wilayah perbatasan disamping menjaga stabilitas keamanan dan kedaulatan negara adalah menjalankan misi kemanusiaan dalam rangka turut membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua di segala bidang, salah satu diantaranya adalah peningkatan kesehatan bagi masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG, Selasa (09/04/2024).

Wilayah perbatasan RI-PNG sektor selatan Indonesia salah satunya adalah Kampung Kondo yang terletak di ujung Timur bagian Selatan Kabupaten Merauke. Akses dari kota Merauke menuju kampung ini terhitung sangat sulit apalagi saat musim penghujan seperti saat ini.

Karena akses yang masih sulit tersebut menyebabkan banyak keterbatasan di Kampung Kondo. Keberadaan personel Satgas Pamtas Yonif 726/Tml yang bertugas disana mendengar seorang warga Kondo yaitu mama Sarce Maewa (32) saat akan melahirkan, tanpa ragu-ragu dengan sigap Pratu Kurniawan personel kesehatan dari Pos Kondo, mengantarkannya ke Pustu terdekat yang ada di Kampung Kondo dan membantu proses persalinan dengan segala keterbatasan, baik tenaga maupun fasilitas kesehatan yang ada.

Drama persalinan tersebut sangat mendebarkan, salah satu Bidan Kampung Kondo (Ibu Saniatus Siyam) bersama personel Satgas berusaha melakukan pertolongan kepada mama Sarce agar dapat melahirkan secara normal dan selamat serta berusaha agar tidak terjadi pendarahan yang berlebihan.

Selang beberapa menit akhirnya lahirlah seorang bayi perempuan dengan berat 2.800 gram, panjang 45 cm dalam keadaan sehat dan normal, sehingga membuat kedua orang tua bayi tersebut merasa bersyukur dan sangat bahagia. Semoga seiring dengan program pemerintah yang telah dicanangkan, suatu hari nanti pelayanan kesehatan di wilayah perbatasan RI-PNG akan lebih baik dan lebih maju daripada saat ini.