Dua Lomba Bergengsi Yayasan Hang Tuah Di Rebut SMK KAL-1

TNI AL27 Dilihat

Dua Lomba Bergengsi Yayasan Hang Tuah Di Rebut SMK KAL-1

Surabaya,(20/01)

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 berhasil menorehkan sejarah setelah menunggu puluhan tahun untuk menjadi sekolah yang terbaik, dalam lomba memperingati HUT Ke-76 Yayasan Hang Tuah Tahun 2023, SMK KAL-1 keluar sebagai juara 1 pada Lomba Kebersihan Sekolah dan keluar sebagai juara 1 lomba Cipta Media Pembelajaran Bagi Guru SD, SMP, SMA, SMK dilingkungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah (19/01/23).

Penyerahan hadiah Lomba Kebersihan Sekolah yang di selenggarakan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah di laksanakan pada Puncak Peringatan HUT Ke-76 Yayasan Hang Tuah yang dilaksanakan di SMA Hang Tuah 1 Surabaya(19/01/23), Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Wiek Ahmadi Heri menyerahkan Piala, piagam serta dana pembinaan yang diterima oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar , S.Pd .

Begitu juga penyerahan hadiah lomba Cipta Media Pembelajaran bagi Guru SD, SMP, SMP, SMA dan SMK diserahkan oleh Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Wiek Ahmadi Heri kepada Dadang Setyono, S.Pd, M.Pd

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar , S.Pd yang baru beberapa bulan menjadi nahkoda di satdiknya langsung tancap gas menghadapi event bergengsi ini, seluruh siswa, guru dan karyawan selalu mendapat penekanan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya. Tujuan utamanya bukanlah untuk meraih kemenangan dalam lomba, namun menciptakan kondisi kesadaran seluruh keluarga besar SMK KAL -1 agar mampu menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya sehngga dalam proses kegiatan belajar mengajar setiap harinya menjadi nyaman dan khususnya siswa menjadi senang berada di sekolah.

SMK KAL-1 di nobatkan sebagai juara 1 lomba Kebersihan Sekolah setelah melalui proses panjang, pada tahun 2021 sebagai juara 2, di tahun ini 2023 dengan segala kekurangan pada tahun sebelumnya , Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd mencoba berbenah diri memperbaiki segala kekurangannya sehingga berhasil meraih prestasi terbaiknya berdasarkan penilaian dari tim penilai yang di ketuai oleh Dra . Lina Nurbani, dengan anggota Wiwik Sayekti, S.Pd, dan Ida Farida, S.Pd dari SD Hang Tuah 10 Juanda.

Sementara itu Dadang Setyono, S.Pd, M.Pd menjadi salah satu guru yang berhasil menjadi juara 1 dalam Lomba Cipta Media Pembelajaran Bagi Guru SD, SMP, SMP, SMA dan SMK menyampaikan kepada awak media bahwa : memperingati HUT Yayasan Hang Tuah ke-76 melalui kegiatan lomba cipta media pembelajaran bagi guru dengan tema “Ciptakan Inovasi Media Pembelajaran Bermakna Menuju Kelas Merdeka Belajar” menjadi satu parameter bagi Yayasan Hang Tuah untuk menguji keterampilan dan inovasi para guru pada masing-masing satuan pendidikan dalam menciptakan dan memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana KBM yang diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran di era merdeka belajar. Melalui media pembelajaran yang kreatif dan inovatif tentunya akan memberikan stimulus belajar yang bermakna dan efektif untuk tersampainya materi selama proses pembelajaran.

Keselarasan media pembelajaran tentunya harus diimbangi dengan pemanfaatan dan penerapan kemajuan teknologi, agar media pembelajaran mampu membantu peserta didik beradaptasi dengan perkembangan teknologi pada jamannya. Berdasarkan pembahasan singkat di atas, maka dalam kegiatan lomba cipta media pembelajaran tersebut saya mengimplementasikan media pembelajaran smart home dengan teknologi 5.0 di era merdeka belajar SMK KAL-1 Surabay. Hal ini selaras dengan inovasi di era revolusi teknologi 5.0 dengan mengintegrasikan IoT (Internet of Things) dan AR (Augmented Reality) sebagai bentuk implementasi teknologi terkini dalam proses pembelajaran.

Tim juri Lomba Lomba Cipta Media Pembelajaran Bagi Guru SD, SMP, SMP, SMA dan SMK dari orang-orang profesional dan berpengalaman dalam pendidikan dan IT terdiri dari Unesa dan dari Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan sehingga tidak meragukan lagi bagi Dadang , S.Pd M.Pd sebagai juara 1 yang kesehariannya sebagai produktif di kompetensi Teknik Audio Video SMK KAL-1.

Dengan keberhasilan SMK KAL-1 meraih prestasi terbaiknya dimana sekolah ini dalam naungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah dengan Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP selaku Ketua Pengurus Cabang Surabaya merasa berhasil melakukan pembinaan di satdik-satdiknya sehingga semua arahan dari Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali, Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Wiek Ahmadi Heri dan Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P untuk selalu meningkatkan prestasi di satuan pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik (yht/dar).