Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0303 /Bengkalis Panen Raya Jagung

OKEBUNG|
Guna mendukung pemerintah dan Komando Ataa dalam Program ketahanan pangan, Kodim 0303/Bengkalis melaksanakan panen raya jagung di Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis-Riau. Selasa (07/03/2023).

Ini merupakan bentuk dukungan nyata TNI dalam rangka mendukung Pemerintah dalam hal ketahanan pangan, mulai dari tingkat Pusat hingga Wilayah.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto yang diwakili Danramil 03 Mandau Kapten. Arh. Jemirianto dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan program dari Pemerintah untuk memanfaatkan lahan tidur agar bisa dimanfaatkan.

“Menanam tanaman cepat panen merupakan salah satu solusi untuk menyukseskan ketahanan pangan di Daerah. Diharapkan agar warga dapat memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah untuk ditanami tanama,” ujar Danramil.

Dikatakan Dandim, kegiatan ketahanan pangan program TNI AD selain membantu Pemerintah juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur milik TNI untuk membantu kesejahteraan petani.

“Ke depan selain pemanfaatan lahan tidur dengan tanaman pangan seperti jagung, padi juga akan memanfaatkan lahan tidur milik TNI dengan tanaman pisang, sayuran yang semuanya untuk kesejahteraan petani,” terang Dandim 0303/Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto yang diwakili Danramil 03 Mandau Kapten. Arh. Jemirianto.

Hal senada di sampaikan Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR yang mewakili Bupati Bengkalis menyampaikan Permohonan maaf dari Bupati Bengkalis, tidak bisa hadir Bupati yang akan hadir namun karena ada kegiatan di Pekanbaru, sehingga Bupati menunjuk Camat Bathin Solapan untuk mewakili.

Bupati Bengkalis dalam pidatonya menyampaikan, program ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama selaku pelayan masyarakat. Semoga program ketahanan pangan ini dapat menjadi penyemangat bagi petani lainnya,” Ujar Bupati.

Lanjut Camat, Program Kabupaten Bengkalis kedepan melalui Kecamatan Bathin Solapan akan ada Program gotong royong membersihkan lahan untuk dijadikan lahan pertanian. Peran Pemerintah Desa agar ditingkatkan dalam meningkatkan penghasilan Desa masing-masing dan diharapkan setiap Desa dapat manfaatkan lahan luas yang kosong untuk ketahanan pangan, dilain pihak lahan pertanian tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran yang terjadi dalam Masa Pandemi Covid.

“Camat Bathin Solapan sangat mendukung program pertanian setiap Desa melalui pelatihan, pengadan bibit sehingga diharapkan kedepan setiap Desa masing-masing dapat melaksanakan Panen raya di setiap Desa,” kata Bupati Bengkalis yang diwakili Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR.

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Bengkalis yang diwakili Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR, Camat Mandau yang diwakili Kasi Kesosbud Devri Putra Braja, Kapolsek Mandau yang diwakili Iptu Zulkifli, Kades Se-Kecamatan Bathin Solapan, Tokoh Masyarakat Bathin Iyo Banso Ketua Kerapatan Adat Bathin Sobanga (Imbo Ayo) Datuk Muhammad Nasir, Danposramil Bathin Solapan Letda. Arh. Rickman Sinaga, Forkopimca Kecamatan Bathin Solapan, Lisda Sari Bidang Waka Bina Muda Kwarran Bathin Solapan dan Tamu undangan lainnya.(Pendim Bengkalis)