Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Tolikara Manfaatkan Lahan Tidur

Karubaga – Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 1716/Tolikara memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar Makodim 1716/Tolikara untuk beternak dan budidaya ikan air tawar.

Dandim 1716/Tolikara Letkol Inf Marolop E.B Hutapea, M.Han., saat dihubungi menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan atas kesuksesan program pemerintah di bidang ketahanan pangan.

“Kodim 1716/Tolikara saat ini memanfaatkan lahan tidur yang ada disekitar Makodim untuk beternak Babi bantuan dari KSAD dan budidaya Ikan air tawar seperti mujair, lele dan ikan emas. Selain itu, juga ada lahan milik masyarakat yang saat ini secara bersama-sama kita rubah menjadi lahan produktif dan akan ditanami sayuran,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, kegiatan yang dilakukan saat ini juga sebagai contoh bagi masyarakat sehingga akan timbul keinginan untuk mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Kodim 1716/Tolikara.

“Kami ingin masyarakat melihat dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengantisipasi kelangkaan ketersediaan pangan khususnya di wilayah Kab. Tolikara,” ujarnya.

Dandim menegaskan, Kodim bersama para babinsanya akan terus mendampingi masyarakat yang berkeinginan untuk membuka lahan produktif.

“Kita akan damping dari awal hingga panen. Untuk masalah bibit dan lain-lainnya bisa kita koordinasikan kepada pemerintah daerah dan instansi lainnya,” pungkasnya.